Inilah resep kue pie susu sederhana, tanpa dipanggang, bisa dicoba dengan mudah

Selasa, 21 Juli 2020 | 14:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah resep kue pie susu sederhana, tanpa dipanggang, bisa dicoba dengan mudah

ILUSTRASI. cara membuat pie susu sederhana dengan bahan yang mudah didapat.


RESEP MASAKAN - JAKARTA. Cara membuat pie susu sederhana bisa Anda lakukan dengan mudah, lho. Peralatan dan bahan dasar yang dibutuhkan juga bisa Anda sediakan tanpa merasa kesulitan. Meski sangat mudah untuk dilakukan, tapi rasanya tetap enak, lho. Resep pie susu ini dilansir dari instructables.com.

  • Siapkan Bahan

Cara membuat pie susu sederhana bisa Anda lakukan dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Ada dua bahan yang perlu Anda perhatikan. Pertama, adonan kulit bisa Anda buat dengan menyediakan 80 g mentega, 150 g tepung, dan sebutir telur.

Kedua, Anda harus menyiapkan adonan isi. Adonan isi terbuat dari 3 kuning telur, 80 ml susu kental manis, 360 ml susu hangat. Tak hanya itu, ada bahan opsional yang bisa ditambahkan, yaitu 50 g tepung jagung yang dicampur dengan 100 ml air, sejumput garam, dan sedikit gula jika Anda ingin rasa yang lebih manis.

Baca Juga: Waspada! Virus corona mirip dengan virus flu, lho

Cara membuat pie susu sederhana tidak membutuhkan banyak peralatan. Anda hanya cukup menyiapkan beberapa wadah untuk adonan, teflon dengan diameter 30 cm, dan whisk.

  • Buat Adonan Kulit

Setelah semua bahan siap, cara membuat pie susu sederhana yang perlu Anda lakukan adalah membuat adonan kulit pie susu. Pertama, campurkan mentega dan tepung. Campurkan dua bahan tersebut hingga membentuk adonan yang sempurna.Jangan lupa untuk mencampurkan telur. Instructables.com menyebutkan bahwa telur yang digunakan jangan terlalu dingin.

Cara membuat pie susu sederhana selanjutnya adalah dengan meletakkan adonan pada teflon. Anda bisa mencetaknya secara langsung atau menggunakan  rolling pin terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membuat lubang di adonan yang ada di teflon agar tidak ada gelembung udara yang membuat pie susu menjadi gagal dimasak.

Baca Juga: Cara membuat kopi dalgona tanpa gula, dijamin lebih sehat

  • Buat Adonan Isi

Setelah adonan kulit jadi, Anda harus membuat adonan isi pie susu. Campurkan kuning telur, susu kental manis, dan susu menggunakan whisk. Anda juga bisa menambahkan gula dan garam pada langkah ini.

Kocok terus hingga adonan tercampur semua. Tuangkan adonan isi pada adonan kulit yang ada di teflon. Pastikan tidak ada adonan isi yang menggumpal. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan saringan saat menuang adonan isi.

  • Masak Pie Susu

Cara membuat pie susu sederhana yang terakhir adalah dengan memasaknya. Instructables.com memberikan resep pie susu dengan teflon agar Anda tidak perlu memanggangnya dalam oven.

Hidupkan kompor dengan api yang kecil. Masak pie susu selama 15 menit atau sampai adonan isi mengeras. Setelah itu, Anda bisa mematikan api dan menyajikan pie susu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru