Inilah sneakers Air Jordan baru tahun 2020 yang diprediksi cuan

Sabtu, 06 Juni 2020 | 22:00 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Inilah sneakers Air Jordan baru tahun 2020 yang diprediksi cuan

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Jika Anda adalah penggemar berat sneakers alias sepatu kets, memiliki koleksi sepatu besutan hasil kolaborasi pebasket legendaris Michael Jordan dan Nike adalah keharusan.

Sneakers atau sepatu kets  Air Jordan selama bertahun-tahun terbukti menjadi penghasil cuan terbaik. 

Pengecer konsinyasi barang-barang mewah The RealReal  akhir tahun 2019 mengumpulkan data penjualan atas penjualan kembali atau penjualan di pasar sekunder sneakers.

Sneakers Nike mendominasi daftar peringkat sepatu kets terlaris. Dari sembilan sneakers dengan penjualan tertinggi, delapan dari sembilan sepatu kets didominasi oleh Nike.

Adapun cuan tertinggi dengan kenaikan harga tertinggi adalah kolaborasi sepatu kets Virgil Abloh dengan Off White x Nike Air Force 1 Moma Low dengan kenaikan harga rata-rata setinggi 2.143% sepajang tahun 2019.  

Sneakers kolaborasi Nike, Minchael Jordan dan Travis Scott dengan Air Jordan 1 "Cactus Jack", sepanjang 2019  menghasilkan cuan 1.026% di pasar  sekunder. Dengan harga  eceran rata-rata: US$ 175 serta harga jual kembali rata-rata sneakers ini melesat  US$ 1.795. 

Lalu bagaimana dengan sneakers baru penghasil cuan tahun tahun 2020? 

Tahun 2020 memang belum tutup, baru separo dijalani. Hanya saja, banyak yang memprediksi bahwa sepatu kets Nike masih akan menjawarai cuan sneakers tahun 2020 ini. 

Diantara sneakers top,  yang disebut adalah sepatu kets kolaborasi Michael Jordan, Virgil Abloh, Scott Travis dan Nike masih akan menjadi salah penghasil cuan gede.

Lagi-lagi, cerita sang legenda Michael Jordan menjadi pemicunya. Kerjasama tahun 1984 mematahkan proyeksi penjualan dengan hasil memuaskan.  Setahun Nike dan Jordan merilis sneakers pertamanya,  Nike meraup US$ 126 juta atas penjualan sepatu kets kolaborasi pertama dengan sang atlet.

Baca Juga: Inilah alasan investasi sneakers Air Jordan jadi penghasil cuan setara Hermes & Rolex

Sudah 35 tahun, dan Jordan Brand terus merilis beberapa sepatu kets terlaris di dunia. Pada 2019, sepatu kets Jumpman mendatangkan pendapatan lebih dari tiga miliar dollar.

Tahun 1985,  sneakers Jordan 1 Retro masih menempati peringkat sebagai sepati kets dengan siluet paling populer. Popularitas sepatu kets Air Jordans masih belum lekang. 

Tahun 2020 ini, beberapa sepatu kets atau sneakers Air Jordan disebut-sebut akan  menjadi penghasil cuan terbaik.  Berikut daftarnya: 

Dilansir dari StockX, 31 Mei 2020,  bursa jual beli barang-barang branded ini memproyeksi sneakers-sneakers Air Jordan besutan baru yan bakal cuan.

1. Jordan New Beginnings Pack Retro High 1 & Nike Air Ship

 

Di StockX, Sabtu (6/6), harga sepatu kets atau sneakers Jordan New Beginnings Pack ini ditawar dengan harga terendah US$ 1.985. Dengan kurs Rp 14.000 per dollar AS, penawaran terendah sepatu ini mencapai Rp 27,79 juta. 

Adapun tawaran sneakers ini tertinggi US$ 1.995 atau Rp 27,93 juta.

Tingginya harga sneakers ini lantaran tahun ini adalah peringatan 35 tahun Jordan 1 dengan NBA All-Star Weekend tahun ini di Chicago. Diproyeksi ini menjadi kesempatan yang lebih baik bagi Jordan Brand untuk mengembalikan sneakers model klasiknya. 

Sneakers atau sepatu kets Air Jordan lekat dengan gaya Jumpman yang khas.  Salah satu rilis paling hyped akhir pekan (dan tahun) datang dalam bentuk paket. Paket rilis sepatu kets Jordan di masa lalu biasanya mencakup dua siluet Jordan yang terkait dengan karir Michael Jordan. 

Tahun ini,  Jordan New Beginnings Pack, berfokus pada awal perjalanan Michael menjadi bintang dan untuk pertama kalinya, memperkenalkan kembali snekers Nike Air 1984 dalam desain aslinya.

The New Beginnings Pack menampilkan gaya klasik sneakers Air Jordan dengan warna putih dan merah yang populer nampak terbang.

Bagian atas kulit putih dengan detail merah menekankan struktur desain yang indah dari sepatu kets Air Jordan 1 dan Air Ship yang termasuk dalam paket. 

Rilis SNKRS Pass eksklusif dari Paket Awal Baru yang terbatas di New York, Chicago, dan Atlanta juga menaikkan  tingkat eksklusivitas ekstra. Itulah menjadi alasan sneakers Air Jordan yang kembali ke gaya klasik 35 tahun lalu diproyeksi akan cuan di 2020.

2. Jordan 5 Retro Off-White Black

Ini adalah sneakers Air Jordan hasil kolaborasi Michael Jordan-Nike dan Virgil Abloh. Ketiganya dalam kolaborasi tahun 2020 menambahkan pembaruan ke sepasang sepatu kets  Air Jordans pertama: Air Jordan 5 Metallic. 

Abloh dalam desain sneakers dengan  siluet Jordan 5 berupaya mempertahankan elemen desain asli Jordan 5 dengan mengubah dengan ‘dialog baru’ dengan penyesuaian di sana-sini.

Sneakers Jordan 5 Retro Off-White mulai membuahkan hasil.  Sepatu kets Jordan 5 Retro Off-White Black menyalurkan nostalgia Abloh melalui bahasa desain yang benar-benar baru. Bagian atas tekstil hitam sneakers yang direkonstruksi dengan lidah reflektif 3M memberikan kehidupan baru pada jalur warna asli ini.

Sisipan jendela melingkar menambah elemen DIY, memungkinkan konsumen untuk membiarkan "udara" masuk ke sepatu kets mereka dengan cara membuka jendela untuk membuat lubang (dan melenturkan kaus kaki yang indah).

Sol kuning yang sudah tua menambah kesan vintage pada desain sneakers ini dan juga menghilangkan semua kekhawatiran sol es baru yang akan terbuang.

Perhatian terhadap detail telah menjadikan sepatu kets Jordan 5 ini salah satu rilis paling didambakan tahun ini, dan salah satu sneakers Jordan baru terbaik di tahun 2020.

Di StockX, sneakers ini ditawar dengan harga tertinggi US$ 830 (Rp 11,9 juta), dan penawaran harga terendah atas sepatu kets ini US$ 540 atau Rp 7,56 juta. 

3. Jordan 4 Retro Black Cat

Michael Jordan adalah pria dengan banyak nama panggilan.  Jordan yang Agung (His Airness, Air Jordan, bahkan tak sedikit yang menyebut Yesus berkulit Hitam ( the Rare Black Jesus). Dari sekian banyak nama, banyak yang lebih suka  bahwa sebutan yang paling pas bagi Michael Jordan adalah Kucing Hitam (Black Cat).

Ini pula yang menjadi inspirasi sneakers Jordan 4 Retro Black Cat.  Sneakers atau sepatu kets jenis ini sempatt menjadi salah satu sneakers Air Jordan baru terbaik di tahun 2006.  Di tahun 2020 ini, Jordan kembali untuk sepatu kets retro pertamanya ini.

Sneakers Jordan 4 Retro Black Cat adalah salah satu colorway non-OG Jordan 4 yang paling populer. Sneakers ini dianggap sederhana namun canggih. Nubuck hitam atas yang diredam menekankan sisipan jaring dan keramba renda bersayap. dalam sneakers ini.

Struktur siluet jatuh ke garis depan, menggunakan midsole hitam mengkilap sebagai fondasi sneakers Air Jordan ini.

Dengan semua perincian ini, sneakers Black Cat 4 dipersiapkan untuk menjadi  sepatu kets yang tahan kondisi  dan rotasi apa pun. Sneakers serbaguna  yang siap diuji dalam kondisi apapun.

Di StockX, sneakers Black Cat 5 ditawar dengan  harga tertinggi US$ 289  (Rp 4,05 juta) dan harga terendah US$ 275 (Rp 3,85 juta). Adapun, saat ini  harga sneakers Black Cat 5 sudah naik menjadi US$ 325 atau Rp 4,55 juta (kurs Rp 14.000 per dollar AS). Harga sneakers ini naik 10% untuk size 7,5.

4. Jordan 1 Retro High Court Purple White 

Segala sesuatu tentang sneakers Jordan 1 Retro Court Purple disebut-sebut adalah sneakers  atau sepatu kets masa depan. Tapi, faktanya sneakers ini masih tersedia dengan harga di bawah US$ 300 dengan ukuran paling membingungkan.

Sneakers Jordan 1 ini  memiliki semua komponen utama yang dimiliki oleh  sepatu ketsJordans baru. 

Sneakers Jordan 1 Court Purple White menampilkan pemblokiran warna OG yang diambil langsung dari Jordan 1 Chicago. Bagian atas kulit putih dengan lapisan kulit ungu dan detail hitam memutar desain aslinya, mengundang perbandingan dengan Shattered Backboard 2.0 - Jordan 1 yang baru-baru ini dijual kembali dengan harga US$ 1.000.

5. Jordan 13 Retro Flint (2020)

Film Dokumen ESPN The Last Dance, banyak menampilkan sneakers Air Jordan, namun satu sepatu kets  yang disorot dalam setiap episode adalah Air Jordan 13. 

Michael Jordan mengenakan sneakers Jordan 13 sepanjang seluruh musim terakhirnya di Chicago Bull. Dari He Got Game 13 hingga Playoff 13, semua kecuali satu OG colorway dalam The Last Dance. Warna yang hilang itu? The Jordan 13 Flint.

Setelah sepuluh tahun absen, sneakers Jordan 13 Retro Flint kembali untuk ketiga kalinya. Permintaan seluruh dunia  atas sneakers Jordans sangat stratosfer  dengan sebagian besar siluet melihat penjualan tertinggi sepanjang masa dalam dua bulan terakhir ini.

Keinginan tahuan alias hype atas The Last Dance belum menunjukkan tanda-tanda melambat. Ini membuka jalan bagi sneakers Jordan 13 Flint untuk menjadi salah satu sepatu kets Jordans baru terbaik musim panas.

Dalam penjualan online, termasuk di StockX, sneakers Jordan 13 Retro Flint ini dijual di US$ 257 dengan ukuran 12. Padahal, saat peluncuran bulan Mei, sepatu kets ini dijual seharga US$ 190.

 6. Jordan 1 Retro High CO Japan Neutral Grey 

Untuk pertama kalinya sejak 2001, Jordan Brand membawa kembali sneakers Air Jordan 1 Retro High CO.JP Neutral Grey. Rilis sneakers atau sepatu kets  ini terbilang eksklusif di Jepang  dengan keluar dalam julmlah sangat terbatas  hanya 2.001 pasang. 

Asal tahu saja, sneakers ini bagian dari proyek CO.JP Nike yang sedang berlangsung yang membawa jalur warna baru ke siluet populer di Jepang. Sekarang hampir 20 tahun kemudian, sneakers Jordan 1 Retro High CO.JP menerima sentuhan retro pertamanya.

Sepatu kets Jordan 1 CO.JP Neutral Grey menampilkan siluet sneakers Jordan 1 high-top asli yang mengenakan panel abu-abu dan perak. Hingga saat ini, pasar masih menunggu pasar atas harga sneakers Jordan 1 CO.JP , apakah menjadi  salah satu sneakers baru Air Jordan yanv paling ditunggu di tahun 2020.

Tapi tak sedikit yang yakin, sepatu kets Jordan 1 CO.JP akan masuk peringkat sebagai salah satu Jordan baru terbaik  di tahun ini.

Penjualan terbaru, sneakers Jordan 1 CO.JP dijual seharga US$ 650.

7. Jordan 1 High Satin Snak

Sneakers Jordan 1 High satin Snake  menjadi salah satu sepatu kets Jordan baru terbaik dalam beberapa tahun terakhir dengan rilis yang sangat populer seperti Satin Shattered Backboard dan Satin Black Toe.

Kedua sneakers ini sukses dengan harga jual jual kembali rata-rata lebih dari $ 650 dan nilai yang terus tren naik.

Baca Juga: Preview deretan sneakers Air Jordan yang diprediksi cuan tahun 2020

Pada tahun 2020i in, sepatu ket Jordan Brand mencoba kembali pertaruhannya dengan sneakers atau sepatu kets Jordan 1 High Satin Snake  dengan menambahkan bahan luxe baru ke siluet kulit dan satin dengan sneakers Jordan 1 High Satin Snake (W).

Sneakers Jordan 1 High Satin Snake (W) hadir dengan memblokir warna terbalik Black Toe. Ini terdiri dari kulit putih bagian atas dengan lapisan merah di sekitar jari kaki dan kaki depan sepatu kets. Bahan kulit ular hitam faux ditampilkan pada overlay pergelangan kaki dan Swoosh sneakers.

Meskipun satin merah mungkin tidak ditampilkan di panel samping atas, itu menonjol di lidah sneakers Jordan 1 ini.

8. Air Jordan 4 Off-White Sail (W)

Pembukaan besar pameran Figur of Speech karya Virgil Abloh di MCA di Chicago membuka sebuah kotak pandora berisi "bagaimana jika" sampel sneakers Nike dari kolaborasi Abloh selama tiga tahun dengan Nike. 

Gambar-gambar sneakers  Off-White Nike yang belum dirilis menggebrak internet dan di antara banyak sampel sepatu kets Nike dan Jordan, Air Jordan 4 Off-White Sail (W) bersinar seperti suar cahaya.

 

9. Air Jordan 1 High J Balvin

Selama pertunjukan paruh waktu Super Bowl LIV, J Balvin melompat ke atas panggung dengan sepasang sneakers atau sepatu kets Jordan 1 yang tidak pernah dilihat siapa pun sebelumnya.

Tentu saja, hampir tidak biasa bagi seorang musisi besar untuk mendapatkan PE. Untuk Tur Legenda Musim Panas Justin Timberlake pada 2013, Jumpman memasok sneakers tidak kurang dari tiga PE Jordan 1. Tetapi karena berita terus berkembang, sepertinya J Balvin Jordan 1s yang menari melintasi garis Super Bowl 50-yard mungkin tersedia untuk umum secepat akhir tahun ini.

Sneakers Air Jordan 1 High J Balvin menghancurkan aturan desain sepatu kets Jordan 1 yang ada.  Dengan garis yang murni terdistorsi secara kreatif - sebuah penghormatan kepada roh nakal Balvin.

Tampilan sneakers ini mengingatkan bahwa kolabirasi ini adalah kolaborasi sneakers musisi kedua setelah Travis Scott yang berkolaborasi dengan siluet Jordan 1 yang dirilis secara public.

Sneakers Jordan 1 J Balvin akan dengan mudah masuk dalam peringkat sepatu kets Jordan baru terbaik pada tahun 2020.

Hingga kini, belum terdapat harga jual atas sneakers ini di pasar penjualan kembali.

10. Air Jordan 5 Off-White Sail

Hampir segera setelah sneakers Jordan 5 Retro Off-White Black dirilis, Virgil Abloh dalam Instagramnya menyatakan bahwa hitam bukan satu-satunya jalan warna untuk menyentuh sneakers atau sepatu kets Jordan baru terbaik tahun ini.

Dalam beberapa cerita dan foto, Abloh merilis sneakers Air Jordan 5 Off-White Sail.

Sepatu kets Sail Off-White Jordan 5 sangat mirip dengan sneakers pendahulunya.

Baca Juga: Cuan sepatu sneakers di pasar sekunder lebih dari 2.000% di 2019, berikut daftarnya

Ini fitur atas tekstil yang sama, padding pergelangan kaki minimal, dan sisipan jendela tertutup sebagai colorway hitam ditampilkan dalam sneakers ini. 

Belum ada harga jual atas sneakers Jordan 5 Off-White Sail, proyeksinya sepatu ketas ini akan rilis akhir tahun 2020 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Titis Nurdiana

Terbaru