Inner Child Ternyata Berpengaruh pada Keuangan Seseorang

Jumat, 20 Oktober 2023 | 17:40 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Inner Child Ternyata Berpengaruh pada Keuangan Seseorang

ILUSTRASI. Kontan kilas online


PEGADAIAN - Jakarta.  Akhir-akhir ini sedang marak pembahasan tentang inner child di sosial media. Dari sisi psikologis, pengertian inner child adalah suatu sisi kepribadian seseorang yang terbentuk dari suatu kejadian yang terjadi di masa kecil dan terbawa hingga dewasa. Jadi, ketika ada satu stimulus yang terjadi, stimulus tersebut mengingatkan kita akan kejadian di masa lalu.

Selain berpengaruh terhadap kehidupan, ternyata inner child bisa berpengaruh terhadap kebiasaan seseorang yang berkaitan dengan keuangan. Seorang psikolog keuangan dan penulis buku “Mind Over Money: Overcoming the Money Disorders That Threaten Our Financial Health”, Brad Klontz mengatakan bahwa titik konflik finansial adalah pengalaman awal yang kita alami seputar uang dan sering kali terjadi di masa kanak-kanak. Jadi jika selama ini seseorang berjuang untuk menghentikan kebiasaan finansial tertentu, masalahnya mungkin bukan pada besar kecilnya penghasilan, melainkan karena impian masa kecilnya.

Tapi sering kali kita merasa menyesal karena telah impulsive buying, menuruti keinginan yang tidak bisa didapatkan pada masa kecil, bahkan tidak jarang hingga mengalami krisis keuangan. Jika sudah mulai merasakan hal ini maka saatnya kamu melakukan hal-hal di bawah ini:

Mengubah Perilaku

Yang pertama adalah mengubah mindset dengan cara menulis dan mengakui luka itu sendiri. Dengan begitu seseorang tetap bisa mengenali dan memenuhi keinginan waktu kecil tanpa merugikan diri sendiri. Ketika sudah berhasil mengakui suatu luka maka akan lebih mudah mengobatinya, biasanya seseorang dapat mengambil langkah untuk mengubah kebiasaan.

Menjadi Melek Finansial

Memenuhi sesuatu yang berhubungan dengan inner child itu bukanlah suatu hal yang salah, namun butuh strategi. Saat ini ilmu tentang strategi keuangan seperti itu bisa kamu pelajari dengan mudah melalui artikel, webinar, maupun informasi gratis dari pakar-pakar keuangan di sosial media yang cukup mudah diakses. Dengan bisa mengatur anggaran, kamu akan lebih sadar, berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran, mana yang menjadi prioritas mana yang tidak, berapa yang harus disisihkan untuk dana darurat dan investasi, mana yang harus disisihkan untuk memenuhi keinginan masa kecilmu.  Hal-hal ini bisa menghindarkan dari krisis keuangan lho.

Mulai Dari Yang Mudah

Mengatur keuangan bisa dimulai dari cara yang mudah. Misal mulai dari mengalokasikan dana sebesar 50% untuk kebutuhan pokok dan cicilan, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% sebagai dana tabungan atau investasi. Memulai investasi memang tidak mudah, maka pastikan memulai dengan satu langkah yang paling mungkin dilakukan. Dapat dimulai dengan investasi yang rendah risiko contohnya Investasi Emas. Emas merupakan instrumen Investasi yang cocok untuk pemula. Karena selain rendah risiko, emas juga liquid. Jadi kalau sewaktu-waktu butuh dana, emas bisa langsung dicairkan baik dengan gadai maupun jual. Emas juga merupakan instrumen investasi yang tidak terpengaruh inflasi. Dengan demikian, harga emas cenderung stabil. Selain itu, emas adalah investasi yang bertahan saat krisis atau kondisi perekonomian sedang lemah.

Ingat Emas Ingat Pegadaian

Tentu saja, setelah menentukan Investasi Emas, saatnya memilih lembaga yang terpercaya, berpengalaman dan di bawah pengawasan OJK yaitu Pegadaian. Pegadaian memberikan banyak pilihan jasa yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak hanya pembiayaan berbasis gadai, namun investasi emas bisa dilakukan di Pegadaian.

Pembelian Emas di Pegadaian juga bisa dalam skema cicilan, mulai dari 0,5 gram dan fleksibel dalam memilih tenor sesuai kebutuhan dengan produk Cicil Emas. Keuntungan dari pembelian emas secara cicilan ini membantu untuk bisa memiliki emas, tanpa mengganggu cash flow bulanan. Cicilannya tetap hingga lunas, dan bisa dilakukan melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

Dapat Diskon Sekaligus Berkesempatan Menang Undian

Tak hanya itu, selain banyaknya diskon terkait Emas Batangan baik di outlet maupun di Aplikasi Pegadaian Digital, dengan cicil Emas Batangan di Pegadaian juga bisa mendapatkan poin dan berkesempatan memenangkan mobil listrik dan banyak hadiah lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai promo-promo Cicil Emas Batangan di Pegadaian dapat dilihat di halaman promo, menghubungi call center Pegadaian di 1500 569, atau mengunjungi Instagram @sahabatpegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru