Instagram Resmi Meluncurkan Fitur NFT di Indonesia, Ghozali Bikin NFT Khusus

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:21 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Instagram Resmi Meluncurkan Fitur NFT di Indonesia, Ghozali Bikin NFT Khusus

ILUSTRASI. Instagram app is seen on a smartphone in this illustration taken, July 13, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Instagram akhirnya ikut terjun menekuni non fungible token (NFT) di Indonesia. Sekarang kreator dapat mengunggah karya NFT secara langsung dari blockchain ke Instagram. 

Penggemar dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT (seni, gambar, video, atau musik) di platform Instagram.

Dalam rangka peluncuran fitur NFT ini, Sultan Gustaf Al Ghozali membuat NFT edisi spesial Instagram. Dan mengunggahnya ke akun Instagram pribadinya. 

Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia menjelaskan, Instagram terus mengeksplorasi teknologi Web3. Ia yakin, teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia. 

“Dengan fitur NFT di Instagram, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka. Ke depan, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories,” kata Pieter, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, pekan ini. 

Fitur NFT di Instagram memungkinkan kreator dan kolektor untuk melakukan beberapa hal.

– Menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram. Dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, dengan Phantom akan segera hadir.

– Berbagi koleksi digital. Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.

– Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

– Saat ini, beberapa blockchain yang didukung oleh Instagram adalah ethereum, polygon, dan flow, serta solana menyusul hadir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru