Instagram terapkan kebijakan batas usia pengguna, di Indonesia minimal 13 tahun

Kamis, 05 Desember 2019 | 16:25 WIB Sumber: Kompas.com
Instagram terapkan kebijakan batas usia pengguna, di Indonesia minimal 13 tahun

ILUSTRASI. Instagram mulai terapkan kebijakan batas usia pengguna


MEDIA SOSIAL - JAKARTA. Instagram mengumumkan aturan baru untuk bagi calon pengguna yang akan membuat akun Instagram. Mulai hari ini, Instagram akan meminta informasi tanggal lahir calon penggunanya. Usia yang diperbolehkan bila ingin mendaftar Instagram adalah minimal 13 tahun di sebagian besar negara, termasuk Indonesia. 

Menurut Instagram, aturan ini dibuat untuk mencegah pengguna yang belum cukup umur memiliki akun Instagram. Aturan ini juga menyesuaikan undang-undang perlindungan data yang berlaku di Eropa dan Amerika Serikat. Negara tersebut diketahui sangat ketat dengan penggunaan data digital, terutama perlindungan data anak-anak. 

Baca Juga: Raih The Straits Times Asian of The Year 2019, Jokowi: Ini kehormatan

"Mengetahui usia pengguna sangat penting bagi kami, tidak hanya untuk menciptakan pengalaman yang sesuai umur tapi juga untuk menyesuaikan aturan lama kami untuk tidak mengizinkan akses ke pengguna di bawah umur," jelas Vishal Shah, Kepala Produk Instagram sebagaimana diberitakan Reuters, Kamis (5/12). 

Setelah perubahan ini, pengguna yang tidak memenuhi kriteria usia akan langsung gagal membuat akun Instagram. Dari keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (5/12), informasi tanggal lahir di Instagram tersebut tidak akan bersifat umum. Artinya, informasi ini hanya bisa dilihat oleh pemilik akun saja. 

Apabila pengguna mendaftar Instagram menggunakan Facebook, tanggal lahir yang tercantum di sana akan secara otomatis mengikuti saat mendaftar Instagram. Jika pengguna mengganti usia di Facebook, maka informasi tanggal lahir di Instagram akan menyesuaikan pula. 

Baca Juga: Kenapa Xiaomi Redmi 8 dibilang hape kece baterai gede?

Instagram minta informasi tanggal lahir untuk pengguna baru.(Instagram) Namun, jika tidak mendaftar akun Instagram dengan Facebook, informasi tanggal lahir di Instagram bisa diubah manual. 

"Dalam beberapa bulan mendatang, Instagram akan menggunakan informasi tanggal ulang tahun pengguna untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal, misalnya edukasi seputar kontrol akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja," tulis Instagram. 

Mengontrol Direct Message 

Baca Juga: Begini harapan pengusaha dan konsultan pajak tentang omnibus law perpajakan

Tidak hanya aturan usia, Instagram juga membuat aturan baru untuk mengontrol pesan langsung alias direct message (DM). Kini, pengguna bisa mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti saja yang bisa mengirimkan pesan dan menambahkan mereka ke grup percakapan DM. 

Selama ini, pengguna Instagram, terutama yang membuka akunnya kepada publik, bisa dimasukkan ke dalam grup DM secara sembarangan oleh orang lain yang bahkan tidak mengikuti akunnya. 

Nantinya, orang yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Instagram Mulai Terapkan Kebijakan Batas Usia Pengguna"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru