Intip 5 Fitur Baru iOS yang Diprediksi Hadir Tahun 2023

Rabu, 01 Februari 2023 | 12:10 WIB Sumber: MacRumors
Intip 5 Fitur Baru iOS yang Diprediksi Hadir Tahun 2023

ILUSTRASI. Intip 5 Fitur Baru iOS yang Diprediksi Hadir Tahun 2023


APPLE - JAKARTA. Apple telah mengumumkan bahwa sejumlah fitur baru untuk sistem iOS akan hadir di tahun 2023. Fitur-fitur tersebut sepertinya akan ditambahkan pada iOS 16.4 yang tak lama lagi mungkin akan memasuki masa beta testing.

Mengutip MacRumors, berikut adalah 5 fitur baru iOS yang berpotensi hadir tahun ini lewat iOS 16.4.

1. Web Push Notifications

Sebelumnya Apple telah memastikan bahwa iOS 16 dan iPadOS 16 akan mendapatkan dukungan opt-in untuk pemberitahuan push berbasis web di tahun 2023.

Secara sederhana fitur ini akan memungkinkan pengguna iPhone dan iPad menerima pemberitahuan dari situs web melalui Safari, layaknya pemberitahuan yang datang dari aplikasi.

2. Apple Pay Later

Pertama kali diumumkan pada WWDC 2022 bulan Juni lalu, Apple Pay Later merupakan fitur pembiayaan yang memungkinkan pelanggan untuk mencicil pembelian layanan menjadi empat pembayaran yang sama selama enam minggu tanpa bunga.

Fitur ini kemungkinan besar hanya akan tersedia di AS untuk pengguna yang memenuhi syarat tertentu.

Fitur ini akan dipasangkan ke dalam aplikasi Wallet dan akan tersedia untuk pembelian online dan di aplikasi di iPhone dan iPad.

Baca Juga: Cara Menghapus Email di HP Versi Terbaru, untuk Android dan iOS

3. iMessage Contact Key Verification

Bulan Desember lalu Apple telah melakukan pratinjau untuk iMessage Contact Key Verification, sebuah fitur keamanan baru yang akan dirilis secara global pada tahun 2023.

Fitur ini memungkinkan pengguna yang berpotensi menghadapi ancaman digital untuk memverifikasi lebih lanjut bahwa mereka hanya mengirim pesan kepada orang yang mereka maksudkan.

Apple menyebut fitur ini akan cocok untuk digunakan oleh orang yang bekerja sebagai jurnalis, aktivis hak asasi manusia, dan pejabat pemerintah.

Dalam percakapan antara pengguna iMessage Contact Key Verification, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan apabila ada pihak ketiga yang menembus server cloud dan memasukkan perangkat mereka sendiri untuk menguping percakapan.

Sebagai tambahan, pengguna fitur ini juga dapat membandingkan Contact Verification Code antar pengguna lewat FaceTime atau layanan lainnya. Langkah ini dilakukan untuk memverifikasi lebih lanjut bahwa mereka berkomunikasi dua arah.

Baca Juga: Download Bondee APK yang Tersedia di Android & iOS, Berikut Link Resmi dan Fiturnya

4. Rekening Tabungan Apple Card

Bulan Oktober lalu Apple mengumumkan bahwa pengguna Apple Card akan segera dapat membuka rekening tabungan dari Goldman Sachs. Setelahnya, Daily Cash para pengguna yang ada di Apple Card akan secara otomatis disetorkan ke dalam rekening di Goldman Sachs.

Akun tersebut akan dikelola melalui aplikasi Wallet di iPhone. Layanan pun diberikan tanpa biaya, tanpa setoran minimum, dan tanpa saldo minimum.

Setelah akun dibuka, semua Daily Cash yang diterima sejak saat itu akan secara otomatis disimpan ke dalamnya dan mulai mendapatkan bunga, kecuali jika pengguna terus menambahkan Daily Cash ke saldo Apple Cash mereka.

Apple Card memberikan 2-3% Daily Cash untuk setiap pembelian yang dilakukan dengan Apple Pay dan 1% untuk pembelian yang dilakukan dengan kartu fisik.

Baca Juga: 5 HP Ini Memiliki Performa Internet Terbaik di Indonesia

5. CarPlay Generasi Baru

Apple pertama kali menampilkan pratinjau CarPlay generasi baru pada WWDC 2022. Layanan ini akan menampilkan dukungan untuk banyak tampilan, widget, dan integrasi dengan fungsi kendaraan seperti kluster instrumen, kontrol iklim, dan radio FM.

Apple juga mengumumkan bahwa kendaraan pertama yang mendukung CarPlay generasi baru akan diumumkan pada akhir 2023.

Pabrikan mobil yang telah menggandeng Apple untuk layanan ini termasuk Acura, Audi, Ford, Honda, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Nissan, Porsche, dan Volvo. 

Itu dia 5 fitur baru iOS yang akan dirilis Apple tahun ini. Beberapa di antaranya kemungkinan besar akan mulai muncul pada iOS 16.4 yang seharusnya sedang bersiap memasuki tahap uji beta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru