PENJUALAN PRODUK - Bisnis bukan hanya soal produk atau keuntungan, tetapi tentang menghadirkan makna dalam keseharian. Prinsip ini sukses mengantar David membangun dan mengembangkan Hairum sebelum usianya menginjak 30 tahun.
Hairum yang lahir pada tahun 2022 bermula dari keresahan kecil karena rambut lepek yang bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Dengan mengusung semangat Rediscover Confidence, Hairum hadir sebagai brand lokal perawatan rambut yang menghadirkan pengalaman keramas yang menyenangkan dan penuh makna.
“Banyak orang merasa minder hanya karena hal-hal sepele seperti bau rambut. Saya ingin menciptakan sesuatu yang bisa mengubah itu. Bukan hanya sekadar bersih, tapi membuat orang merasa siap menghadapi hari,” ujar David.
Hairum hadir bukan sebagai solusi instan untuk masalah rambut, tetapi sebagai teman dalam proses mencintai diri sendiri. Varian Rose & Musk Shampoo, dengan wangi khas dan elegan, menjadi ikon brand ini dan telah berhasil mengambil puluhan ribu pelanggan di seluruh Indonesia.
Merintis usaha di usia muda bukan tanpa tantangan. David memulai Hairum pada saat ia berumur 22 tahun bersama kakaknya, dengan modal yang minim dan semangat besar. Mereka menghadapi kesalahan pengiriman, penipuan, hingga burnout. Namun, dari semua rintangan, satu hal yang David yakini: bisnis harus punya nilai.
“Kalau kita hanya cari cuan, gampang nyerahnya. Tapi kalau tahu kenapa kita mulai, kita lebih kuat jalaninnya. Untungnya, usaha tidak menghianati hasil, Hairum kini berhasil berkembang dan digunakan banyak orang mulai dari tahun 2022 sejak Hairum pertama kali bergabung bersama Shopee. Bahkan kini, Hairum menjadi salah satu penjual di kategori Kecantikan dengan penjualan tinggi di Shopee dan sukses meraih total penjualan mencapai puluhan ribu produk,” tambah David.
Berdayakan Mitra Lokal, Penjualan Semakin Melejit Karena Shopee
David menjelaskan bahwa seluruh produk Hairum diproduksi secara lokal, mulai dari menjalin kemitraan, proses produksi di pabrik, hingga tahap pengemasan. Komitmen ini menjadikan Hairum sebagai brand lokal yang layak mendapat predikat berkualitas tinggi.
Hal ini tercermin dari produk-produk Hairum yang bebas dari Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Paraben, dan Silicon. Hairum memastikan setiap helai rambut dapat terjaga kesehatannya, terhindar dari iritasi, serta tetap lembut dan mudah diatur. Produk-produk Hairum pun cocok untuk semua jenis rambut, termasuk yang sensitif karena bahan-bahannya yang alami dan ramah lingkungan.
“Dengan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, kami mencoba mengajak pengguna untuk tidak hanya merawat diri mereka sendiri, tetapi juga menjaga bumi dengan memilih produk yang ramah lingkungan. Selain itu, jika berbicara soal keterlibatan masyarakat sekitar, kami percaya bahwa pertumbuhan terbaik adalah yang dilakukan bersama. Hairum sendiri mulai membentuk tim kecil dan melibatkan teman dan kerabat sekitar untuk mendukung produksi konten dan kegiatan lainnya. Harapannya, seiring dengan berkembangnya Hairum, semakin banyak pula orang yang bisa kami libatkan dalam perjalanan ini,” ujar David.
Langkah Hairum masuk ke Shopee menjadi titik balik pertumbuhan mereka. Beradaptasi dengan era digital, Hairum menjadikan Shopee sebagai kanal penjualan utama. “Kami mulai dari coba-coba, ternyata hasilnya sangat fantastis. Justru Shopee menjadi kanal yang memberikan dampak paling besar, lebih dari 80% penjualan kami berasal dari sana. Dan kini saya juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” ungkap David.
David mengatakan bahwa fitur-fitur unggulan dari Shopee seperti Shopee Video dan Shopee Live memberikan dukungan besar bagi Hairum dalam membangun koneksi yang lebih erat dengan konsumen. Melalui berbagai sesi interaktif, Hairum berhasil mendorong keterlibatan audiens sekaligus meningkatkan penjualan secara signifikan.
"Shopee Live dan Shopee Video menjadi fitur yang sangat membantu kami untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kami bisa memperlihatkan vibe brand kami, mengenalkan varian dan cara penggunaan produk kami, sehingga banyak pembeli yang bisa langsung membeli produk setelah mengikuti live streaming," ujar David.
Merintis Hairum Lebih Dari Sekadar Sukses: David Membangun Makna di Setiap Langkah
Jika berbicara soal merintis usaha di usia muda, David mengatakan bahwa perasaannya cukup campur aduk. menurutnya, menjalani profesi entrepreneur tidak semudah melontarkan kata-kata. Ada risiko yang harus ditempuh, rasa lelah yang dihadapi, namun ia tidak dapat memungkiri, bahwa pengalaman yang diperoleh memang luar biasa.
Alhasil, David mengungkap bahwa pelajaran terbesar yang ia didapatkannya dari hal tersebut adalah jangan memulai bisnis hanya untuk mencari untung. Ia mengatakan “Jangan jalani bisnis hanya untuk cari cuan. Harus ada value atau nilai yang kita bisa hadirkan. Ketika kita tahu alasan di balik langkah awal kita, akan lebih mudah untuk bertahan menghadapi proses yang kadang terasa melelahkan,” tegas David.
Menurut David, value atau nilai dalam bisnis adalah elemen fundamental yang menentukan arah dan keberlanjutan suatu usaha. Memiliki nilai yang jelas dalam bisnis tidak hanya penting untuk membedakan produk atau layanan, tetapi juga untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya. Contohnya, saat merintis Hairum, value yang ditawarkan adalah menemukan kepercayaan diri.
David menjelaskan, “Hairum itu soal rasa. Bukan sekadar rambut bersih, tapi perasaan setelahnya, ketika kamu keluar kamar mandi dan ngerasa, ‘gue siap menghadapi hari ini’. Kita nggak jual ‘solusi masalah rambut’, kita menjual momen nyaman yang bikin kamu ngerasa lebih percaya diri,” paparnya.
David menekankan bahwa menemukan dan mampu mengkomunikasikan value adalah salah satu kunci utama bagi anak muda yang ingin memulai bisnis. Setelah itu, penting untuk mulai dari langkah kecil yang bisa dilakukan sekarang, membangun mentalitas yang tangguh, dan siap menghadapi setiap tantangan yang muncul.
“Buat yang mau mulai bisnis, tidak perlu tunggu sampai merasa benar-benar siap. Jalani aja dulu, tidak perlu langsung besar—yang penting konsisten melangkah dan terus belajar,” tutupnya.
Untuk mengenal lebih dekat Hairum dan menikmati momen rediscover confidence, kunjungi Hairum Official Store di Shopee melalui shopee.co.id/hairumofficial.
Cerita sukses David dan Hairum merupakan bagian dari komitmen Shopee mendukung pertumbuhan brand dan UMKM lokal. Produk-produk lokal karya anak bangsa yang tak kalah bersaing dengan produk global dapat ditemukan melalui kanal Shopee Pilih Lokal.
Selanjutnya: INDEF: Sulit Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,2% Jika Pemerintah Tak Cepat Belanja Negara
Menarik Dibaca: Catat Kinerja Positif, XRP dan ETH Jadi Altcoin Potensial
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News