Intip Wajah dan Fitur Baru Shopee Barokah, Belanja Produk Halal Jadi Mudah

Jumat, 07 Oktober 2022 | 18:30 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Intip Wajah dan Fitur Baru Shopee Barokah, Belanja Produk Halal Jadi Mudah

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - Gaya hidup halal semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Terutama di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Salah satu imbasnya adalah meningkatnya konsumsi produk-produk halal.

Produk fashion muslim hingga kebutuhan umat muslim lainnya menjadi buruan masyarakat. Terlebih, komoditas bersertifikat halal tidak hanya untuk makanan dan minuman, tetapi juga produk kecantikan dan kesehatan. Hal ini membuka kesempatan bagi para pelaku usaha terutama UMKM untuk menciptakan ekonomi mandiri dari industri kreatif halal.

Untuk mengoptimalkan potensi industri halal sekaligus memudahkan umat muslim di Indonesia, Shopee menggiatkan platform Shopee Barokah dengan tampilan baru. Shopee Barokah bertujuan menjadi gebrakan bagi produk halal dan penunjang kebutuhan umat muslim. Platform ini memudahkan masyarakat Indonesia menemukan produk yang telah memiliki sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan berbagai produk Islami lainnya.

Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim, mengatakan terdapat sejumlah keistimewaan dari pembaruan platform Shopee Barokah. Pertama, produk halal terkurasi dan semakin mudah dengan bilah pencarian (search bar) khusus. “Ada beragam jenis produk halal terkurasi. Mulai dari produk fashion, perlengkapan ibadah, makanan dan minuman, buku, perlengkapan haji dan umrah, produk kecantikan, dan kebutuhan Islami lainnya. Hingga saat ini sudah ada puluhan ribu produk terkurasi," jelasnya.

Selain telah bersertifikat halal, Shopee Barokah juga memastikan produk-produk yang dijual di laman ini memiliki kualitas yang baik karena sudah terkurasi berdasarkan penilaian dari tim Shopee. Contohnya adalah produk kecantikan, yang tentunya selain halal juga harus lolos uji kesehatan. Shopee juga menyiapkan transaksi jual beli serta promosi toko yang disesuaikan dengan prinsip Islami.

"Penjual dan pembeli menggunakan skema akad yang pembayarannya disesuaikan dengan prinsip Islam. Shopee juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis dalam mengembangkan ekosistem penunjang kebutuhan Islami untuk mendorong perkembangan industri halal di Indonesia," ungkap Bukhori.

Fitur berbagi kebaikan

Platform ini juga menyediakan sejumlah keistimewaan yang dapat membantu pengguna untuk beribadah seperti Alquran digital dan informasi jadwal salat. Ada pula fitur berbagi kebaikan melalui instrumen ZISWAF untuk berzakat, infak, sedekah, dan wakaf. Hadirnya layanan ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk beramal serta turut berperan mengatasi berbagai permasalahan ekonomi dan sosial dengan melibatkan mitra yang kredibel. Dengan menghadirkan ragam keistimewaan tersebut, Shopee terus berinovasi menjadi one-stop platform bagi umat muslim.

Untuk para pengguna, Shopee menempatkan platform Shopee Barokah di laman depan aplikasi agar lebih mudah diakses. Pada tampilan pertama saat membuka Shopee Barokah, pengguna dapat melihat fitur bilah pencarian (search bar) di bagian atas. Dengan menulis jenis produk, maka akan muncul ragam rekomendasi produk halal yang telah terkurasi. "Kemudian di bagian bawah dan seterusnya adalah koleksi halal pilihan, promo brand produk halal, voucher toko, ShopeeFood serba halal, hingga sejumlah produk rekomendasi penunjang kebutuhan Islami lainnya," jelas Bukhori.

Shopee Barokah pertama diluncurkan pada November 2019 lalu dan telah menjadi rumah bagi produk-produk halal yang mendukung potensi industri Islami di Indonesia. Fitur ini kembali diluncurkan di Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Techno Park. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Ketua MUI Jawa Tengah, Prof. Dr. KH. Abu Rokhmad MA, turut hadir dalam peresmian wajah baru Shopee Barokah yang semakin menggarisbawahi komitmen #ShopeeAdaUntukSemua untuk menjadi platform belanja online yang inklusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru