iOS 16.0.2 Rilis di iPhone 14 Pro untuk Memperbaiki Masalah Kamera, Simak Cara Update

Jumat, 23 September 2022 | 09:27 WIB Sumber: Phone Arena
iOS 16.0.2 Rilis di iPhone 14 Pro untuk Memperbaiki Masalah Kamera, Simak Cara Update

ILUSTRASI. iOS 16.0.2 Rilis di iPhone 14 Pro untuk Memperbaiki Masalah Kamera, Simak Cara Update


KONTAN.CO.ID - iOS 16.0.2 rilis untuk iPhone 14 Pro yang memperbaiki masalah kamera bergetar dan yang lainnya. Begini cara update iOS 16.0.2 versi terbaru di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

iOS 16 dan iPhone 14 beberapa waktu lalu telah rilis secara resmi. Meski begitu, ternyata beberapa pengguna iPhone Pro dan iPhone 14 Pro MAX mengalami masalah saat merekam video menggunakan aplikasi seperti Instagram, TikTok dan Snapchat.

Daftar Isi

Dilansir dari PhoneArena (23/09/2022), permasalahan tersebut membuat ponsel mengeluarkan suara yang seolah-olah ada masalah dengan perangkat lunak atau hardware yang berkaiatan dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS).

Fitur OIS ini memungkinkan video yang direkam terlihat stabil saat merekam video.

Beberapa kamera iPhone mengandalkan variasi OIS yang disebut sensor shift yang kini sudah memasuki generasi kedua. Dengan pergeseran sensor, senosr kamera iPhone bergerak agar video terlihat stabil.

Namun, ada beberapa pertanyaan tentang bug ini. Apakah itu masalah perangkat lunak atau dari hardware-nya itu sendiri?

Jika masalah itu datang dari hardware, itu bisa memaksa Apple untuk menarik sejumlah besar perangkat yang sudah beredar di pasaran.

Sebaliknya, jika masalah itu datang dari perangkat lunak atau software, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah itu akan menjadi tanggung jawab Apple atau developer aplikasi pihak ketiga untuk memperbaikinya?

Kabar baiknya, Apple merilis update perangkat lunak untuk memperbaiki masalah tersebut. Dan benar saja, baru-baru ini (22/09/2022) Apple telah merilis iOS 16.0.2 yang tersedia untuk semua pengguna iPhone yang mendukung iOS 16.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Update iOS 16, Termasuk Caranya

Tampilan Lock Screen iOS 16

Menurut Apple, iOS 16.0.2 memperbaiki bug dan pembaruan keamanan penting untuk iPhone Anda. Berikut ini changelog atau catatan update iOS 16.0.2:

  • Kamera dapat bergetar dan menyebabkan foto blur atau buram saat memotret dengan beberapa aplikasi pihak ketiga di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro MAX.
  • tampilan mungkin tampak benar-benar hitam selama penyiapan perangkat.
  • Salin dan tempel antar aplikasi menyebabkan permintaan izin muncul lebih dari yang diharapkan.
  • VoiceOver mungkin tidak tersedia setelah reboot.
  • Mengatasi masalah ketika input sentuh tidak responsif pada beberapa tampilan iPhone X, iPhone XR, dan iPhone 11 setelah diservis.

Ukuran update iOS 16.0.2 yang terbaru ini untungnya tidak terlalu besar, yakni 221,3 MB menurut laporan PhoneArena pada ponsel iPhone 11 Pro MAX.

Apabila Anda sudah mendapatkan notifikasi update iOS 16.0.2, berikut ini cara update ke versi terbaru yang dapat Anda simak.

Baca Juga: CarX Street: Jadwal Rilis di Android dan PC, Gamers Bisa Download Mulai Kapan?

Cara update iOS 16.0.2:

Cara update iOS 16.0.2 yang terbaru ini cukup mudah, Anda dapat membuka menu berikut ini:

  • Settings > General > Software Update
  • Setelah itu, ketuk Download and Install

Pastikan Anda terhubung dengan wi-fi atau paket data dengan kuota yang cukup. Jangan lupa, pastikan iPhone juga sambil di-charge untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika update tiba-tiba baterai habis.

Jangan khawatir bila mana notifikasi update iOS 16.0.2 ini belum muncul di iPhone Anda, pihak Apple akan segera meluncurkannya secepat mungkin.

Selanjutnya: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Adopsi Kucing dari Shelter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru