Jadi calon ketua APJII, Parlin Pasaribu: Pemerataan akses internet jadi kunci ekonomi

Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:25 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Jadi calon ketua APJII, Parlin Pasaribu: Pemerataan akses internet jadi kunci ekonomi


JARINGAN INTERNET - JAKARTA. Penyediaan akses internet yang merata, pelayanan publik berbasis internet yang berkualitas, dan meningkatkan literasi digital nasional, menjadi misi utama yang harus terus diperjuangkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 

Hal ini mengemuka dalam 'Internet Talk', yang digelar calon ketua umum APJII periode 2021-2024, Parlin Pasaribu, di Hotel Mercure Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/6) 

“Internet Talk ini diselenggarakan untuk mendiskusikan aneka gagasan dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat penyediaan akses internet, agar dapat menjangkau dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata Parlin dalam keterangannya, Sabtu (19/6).

Baca Juga: IDCloudHost menangkap peluang komputasi awan di sektor UMKM

Parlin meyakini, akses terhadap informasi dan komunikasi yang merata di seluruh Indonesia, akan berkontribusi penting pada kemajuan ekonomi di tanah air. 

Demi mencapai tujuan itu, Parlin mendorong anggota APJII yang mayoritas berbasis di DKI Jakarta, menjalin kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah dan anggota APJII di daerah, untuk mempercepat penyediaan akses internet dalam rangka transformasi digital nasional. 

“Anggota APJII harus memperkuat kerjasama dengan pemerintah untuk menghadirkan pelayanan publik berbasis internet yang berkualitas, dan meningkatkan literasi digital nasional,” ajak Parlin. 

Tidak kalah penting, meningkatkan kemampuan manajemen risiko terhadap potensi cybercrime yang makin marak seiring pesatnya perkembangan teknologi digital. 

Baca Juga: Inilah penampakan Windows 11 yang bocorannya tersebar di internet, mirip macOS?

“Anggota APJII perlu meningkatkan awareness terhadap cybercrime dan melakukan manajemen risiko, untuk mengantisipasi dampak merugikan dari cybercrime,” pungkasnya. 

Parlin menegaskan, agenda kerja utama inilah yang akan ia wujudkan jika kelak mendapat kepercayaan memimpin APJII, lewat Musyawarah Nasional XI yang akan berlangsung di Bali 28 Juni - 30 Juni, dilanjutkan dengan Rapat Khusus Unit IDNIC APJII tanggal 1 Juli 2021 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali.

Selanjutnya: Telkomsel hadirkan platfom edutech bernama Kuncie

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru