Jadi syarat penting beasiswa, bagaimana cara mendapatkan LoA?

Jumat, 24 Juli 2020 | 10:45 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Jadi syarat penting beasiswa, bagaimana cara mendapatkan LoA?

ILUSTRASI. Jadi syarat penting beasiswa, bagaimana cara mendapatkan LoA?. FOTO ANTARA/Ampelsa/Koz/nz/13.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang sudah atau sedang mempersiapkan mengambil beasiswa ke luar negeri, mungkin tidak asing dengan LoA atau letter of acceptance. Kebanyakan beasiswa memang mencantumkan LoA sebagai syarat penting pendaftaran. Banyak pencari beasiswa yang bingung bagaimana cara mendapatkan LoA yang efektif. 

Sering para peserta bingung kemudian menyerah karena tidak tahu cara mendapatkan LoA. Banyak yang beranggapan jika mendapatkan LoA sangat susah. Sebenarnya mendapatkan LoA tidak terlalu rumit.

Letter of Acceptance, bersumber dari Sahabat Beasiswa, merupakan bukti Anda sudah diterima menjadi mahasiswa di universitas tujuan. 

Dengan memiliki LoA, Anda bisa lebih meyakinkan pemberi beasiswa. Dikutip dari idp Indonesia, LoA bisa menjadi membuka peluang mendapatkan beasiswa lebih besar. 

Terdapat 2 jenis LoA yang berbeda; Conditional LoA dan Unconditional LoA. Conditional LoA menerangkan jika Anda sudah diterima tapi masih ada syarat yang harus dipenuhi. Artinya, penerima conditional LoA belum sepenuhnya diterima.

Baca Juga: Mau kuliah di New Zealand? Ada beasiswa S2 Victoria University of Wellington Mau kuliah di New Zealand? Ada beasiswa S2 Victoria University of Wellington

Biasanya ada satu atau dua persyaratan yang belum terpenuhi, misalnya nilai TOEFL. Sehingga peserta mendapatkan conditional LoA.

Unconditional LoA adalah surat keterangan sudah diterima di universitas tanpa persyaratan yang harus dipenuhi. Dalam jenis LoA ini sudah tertulis keterangan lengkap mengenai informasi perkuliahan. Program studi yang dipilih, tanggal mulai perkuliahan, durasi perkuliahan dan sebagainya tercantum disini.

Dilansir dari Sahabat Beasiswa, cara mendapatkan LoA ada 2; langsung mendaftar di website universitas atau melalui agen pendidikan.  Secara umum, jika memilih mendaftar langsung, ada baiknya Anda sudah menyiapkan segala dokumen yang diperlukan. Setelah itu, buka website resmi universitas dan pilih menu "admission".

Setelah masuk ke laman admission, pilih "international student". Setelah itu pilih jenjang yang diinginkan dan program yang akan diambil. Lalu klik "apply now"

Setelah itu Anda diharuskan menulis formulir dan mengunggah dokumen persyaratan. Setelah selesai mengisi formulir, klik "submit".

Baca Juga: Beasiswa S2 Pemerintah Denmark untuk jurusan teknik Beasiswa S2 Pemerintah Denmark untuk jurusan teknik

Cara mendapatkan LoA langsung berbeda-beda tiap universitas. Sebaiknya Anda mengunjungi langsung laman universitas yang dituju.

Cara mendapatkan LoA yang kedua yaitu melalui agen pendidikan. Agen pendidikan seperti idp untuk universitas di Australia atau ibec di Inggris bisa membantu Anda. Mereka akan membantu mengurus dan mendapatkan LoA di universitas tujuan. 

Menggunakan jasa agen pendidikan memiliki kelemahan. Universitas yang bekerja sama biasanya terbatas. Mungkin saja universitas yang Anda pilih tidak bekerjasama dengan agen pendidikan tersebut.

Pengumuman penerimaan LoA biasanya 1 hingga 2 bulan setelah pendaftaran.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru