Jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 diundur menjadi tahun depan

Rabu, 12 Agustus 2020 | 14:54 WIB Sumber: BolaSport
Jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 diundur menjadi tahun depan

ILUSTRASI. Sejumlah pesepak bola tim nasional Indonesia senior berlari saat mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Sebanyak 24 pesepak bola senior mengikuti latihan perdana pada masa pandemi COVID-19. ANTA


SEPAK BOLA - JAKARTA. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengumumkan bahwa jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan diikuti oleh timnas Indonesia diundur menjadi tahun 2021. Tak hanya Kualifikasi Piala Dunia 2022, tapi untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 juga bakal dijadwalkan ulang.

Pada dasarnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu dijadwalkan bakalan bergulir Oktober dan November mendatang. Tetapi dengan adanya pandemi Covid-19 yang tak juga menunjukkan penurunan angka korban dan juga masih menjadi momok yang menakutkan.

FIFA bersama dengan AFC akhirnya memutuskan bakal menjadwalkan ulang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 tersebut. Pengunduran jadwal untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini bukan yang pertama, tapi untuk kedua kalinya setelah sebelumnya rencananya laga sisa bakal digelar Maret dan Juni.

Baca Juga: Supaya tetap kompetitif, PT LIB siapkan hadiah Rp 1 miliar untuk juara Liga 1 2020

Namun karena situasi saat itu tak mendukung akhirnya diputuskan Oktober dan November, tapi hal ini kembali diundur.

“Mengingat situasi dibanyak negara dengan adanya Covid-19 ini, FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bersama-sama memutuskan bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan Piala Asia China 2023, yang awalnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober dan November 2020, akan dijadwal ulang menjadi 2021,” keterangan tertulis AFC sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman AFC.

Tentu saja dengan diundurnya kompetisi tersebut adalah keputusan terbaik menurut AFC, apalagi di Asia Tenggara kondisi dan situasi belum bisa dibilang sepenuhnya aman.

“Ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan semua. FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau secara dekat situasi dan akan segera menentukan tanggal baru untuk masing-masing pertandingan kualifikasi,” tulisnya.

Untuk penundaan jadwal sendiri, FIFA dan AFC bakal terus memantau situasi yang ada, dan nantinya bakal memberi perkembangan lanjutan. Jadwal terbaru dari kualifikasi sendiri nantinya bakal diumumkan apabila sudah ada keputusan pasti. “Untuk rincian lebih lanjut tetang tanggal baru dari pertandingan kualifikasi untuk Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan pada waktunya.”

Baca Juga: Tebus Rp 10 triliun, Dan Friedkin jadi pemilik baru AS Roma

Timnas senior Indonesia sebelumnya telah dijadwalkan abakal tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, tetapi dengan adanya perubahan pun bakal batal tampil. Timnas Indonesia sebelumnya dijadwalkan melawan Thailand pada 8 Oktober 2020, setelah itu bakal menjamu Uni Emirat Arab (UEA) pada 13 Oktober mendatang.

Setelah itu pada 12 November mendatang timnas Indonesia diharuskan bertandang ke Vietnam.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "BREAKING NEWS - Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Diundur Tahun 2021"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru