CLOSE [X]

Jakarta International Marathon 2024 Raih Predikat World Athletics Label Road Races

Selasa, 11 Juni 2024 | 14:50 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Jakarta International Marathon 2024 Raih Predikat World Athletics Label Road Races

ILUSTRASI. BTN sukses menggelar BTN Jakarta Run 2023 pada 12 November 2023 dengan jumlah peserta 12.600.


EVENT LARI - JAKARTA. Penyelenggaraan perhelatan BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 tinggal menunggu beberapa hari lagi. Event berskala internasional tersebut akan digelar pada 23 Juni mendatang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497. 

BTN Jakim 2024 berhasil meraih predikat World Athletics Label Road Races. Dengan predikat tersebut, Jakim 2024 menjadi salah satu ajang marathon berkelas dunia dan diakui oleh badan atletik dunia yakni World Athletics.

PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, persiapan BTN Jakim 2024 sudah dilakukan dengan matang dengan dukunga dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). “Warga Jakarta perlu berbangga dengan dengan predikat Label Road Races dari World Athletics yang diperoleh BTN Jakim,” kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (11/6).

Ia menjelaskan, predikat label itu diperoleh karena rutenya akan dilakukan sterilisasi dari segala kegiatan termasuk Car Free Day (CFD). Untuk itu, Pemda Jakarta berharap masyarakat bisa bekerja sama menyukseskan BTN Jakim 2024.

Baca Juga: Perdana, BFI RUN 2024 Buka Nomor Lari Baru Kategori Maraton 42,195K

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu juga menilai predikat  World Athletics Label Road Races akan menjadi kabar gembira bagi para pelari yang akan mengikuti ajang tersebut. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, akan ada penutupan pada 34 ruas jalan di Jakarta yang dilalui pelari pada BTN Jakim 2024. Rencananya penutupan akan dilakukan pada 23 Juni mulai pukul 02.00 WIB dini hari hingga pukul 12.00 WIB siang. 

Adapun 34 ruas jalan yang bakal ditutup antara lain Jalan Medan Merdeka, Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Gatot Subroto, Jalan Lapangan Banteng, Jalan Senopati, Jalan Prapanca, Jalan Hasanudin, Jalan Iskandarsyah dan Jalan Gerbang Pemuda.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) akan menggelar Jakim 2024. Perhelatan iini diharapkan bisa sekaligus meningkatkan peran Kota Jakarta sebagai kota sport tourism. 

Baca Juga: Pelari Pemula Wajib Tahu Istilah dalam Olahraga Lari Ini ya

Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K) dan 10K.  Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru