Jakarta Kreatif Festival 2022 Targetkan Transaksi Senilai 5,2 Miliar

Selasa, 07 Juni 2022 | 23:51 WIB   Reporter: Dendi Siswanto
Jakarta Kreatif Festival 2022 Targetkan Transaksi Senilai 5,2 Miliar

ILUSTRASI. Konferensi Pers Jakarta Kreatif Festival 2022, Selasa (7/6/2022)


UMKM - JAKARTA. Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta menggelar Jakarta Kreatif Festival 2022 dengan tema Jakarta Punya Inovasi, Bersama Perkuat Pemulihan Ekonomi.

Acara yang berlangsung di bulan Juni ini bertujuan untuk memperkuat sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui strategi penguatan hilirisasi produk-produk unggulan dan perluasan akses keuangan digital. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat UMKM agara dapat naik kelas, seperti memperluas akses pasar UMKM baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta Onny Widjanarko mengatakan bahwa pihaknya akan membawa UMKM dari berbagai daerah dalam Jakarta Kreatif Festival 2022. Hal ini dilakukan agar UMKM di daerah tersebut dapat dikenal dan produknya dapat terserap orang banyak.

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi dan UMKM Naik Kelas Lewat Jakarta Kreatif Festival 2022

“UMKM nanti dari berbagai daerah kita bawa ke Jakarta, karena Jakarta ini hilir yang paling kuat, jadi merupakan pasar yang paling kuat dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Barang yang mahal bisa diserap di Jakarta. Tapi kalau di daerah asalnya mungkin bisa terserap, tapi sedikit,” ujar Onny dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Selasa (7/6).

Dia menambahkan, Jakarta Kreatif Festival 2022 ini terdiri dari pre event, main event, dan post event. Adapun salah satu rangkaian kegiatan pre event pada bulan Juni 2022 yang telah dilaksanakan yaitu Webinar Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Keuangan Dalam Mendukung Keuangan Inklusif pada tanggal 2 Juni 2022 kemarin.

Baca Juga: Pembatasan Wisatawan Candi Borobudur, TWC: Kepentingan Konservasi

Setelah itu dilanjutkan dengan Pesta Wastra yang akan dimulai pada tanggal 10 hingga 16 Juni 2022 di Kawasan SCBD, Jakarta. Kegiatan ini melibatkan perajin Wastra se Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Onny menyebut, target transaksi dari Jakarta Kreatif Festival ini adalah senilai Rp 5,2 miliar. Target tersebut juga sejalan dengan daya beli masyarakat yang mulai membaik pada tahun ini.

“Mudahan-mudahan bisa lebih. Itu di hari event. Di luar event diharapkan bisa berlanjut,” tandas Onny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru