Jangan asal download! Diam-diam malware disebarkan lewat intaller Windows 11 palsu

Minggu, 01 Agustus 2021 | 05:30 WIB Sumber: PCMag
Jangan asal download! Diam-diam malware disebarkan lewat intaller Windows 11 palsu

KONTAN.CO.ID - Jangan asal download! Diam-diam malware telah disebarkan lewat installer Windows 11 palsu. Malware yang mendompleng popularitas Windows 11 ini diketauhi bisa mencuri password Anda.

Popularitas Windows 11 sempat mencuat belakangan ini. Hadir dengan penampilan yang lebih segar, tidak heran banyak orang yang tertarik dan ingin download Windows 11.

Sayangnya, oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan popularitas Windows 11. Alih-alih menawarkan installer Windows 11, ternyata terdapat malware dibalik semua itu.

Mengutip dari PCMagKaspersky, perusahaan yang membuat anti virus komputer ini baru saja menemukan malware dan adware dalam sebuah installer Windows 11 yang tersebar di internet.

Kaspersky juga memperlihatkan salah satu contohnya, sebuah installer dengan nama file 86307_windows 11 build 20996.1 x64 + activator.exe. Memiliki ukuran sebesar 1.75GB, tentu saja terlihat masuk akal serta dapat mengecoh.

Faktanya, sebagian besar ruang tersebut terdiri dari satu file bertipe DLL yang berisi banyak informasi tidak berguna.

Ketika file installer tersebut dibuka dan memulai instalasi, yang terlihat seperti wizard instalasi Windows pada umumnya. Mengutip dari blog resmi Kaspersky, file tersebut ternyata bertujuan untuk mengunduh dan menjalankan malware.

Installer Windows 11 palsu

Setelah dijalankan, installer tersebut akan menginstall beberapa perangkat lunak yang disponsori. Apabila Anda menyetujui agreement atau perjanjian tersebut, berbagai program jahat akan terpasang di komputer atau laptop Anda.

Bahkan program-program jahat tersebut bisa sangat beragam, dari adware yang relatif tidak berbahaya hingga Trojan yang bisa mencuri kata sandi dan melakukan hal buruk lainnya.

Perlu diperhatikan, sejatinya Microsoft sendiri belum sepenuhnya merilis Windows 11. Hingga saat ini, Windows 11 secara resmi hanya tersedia untuk pengguna program Windows Insider

Untuk download dan melakukan instalasi juga ke Windows 11 cukup membuka menu pengaturan atau SettingsLalu klik Update & Securitylalu pilih Windows Insider Program

Terakhir, aktifkan Dev Channel untuk mendapatkan akses upgrade ke Windows 11. 

Selanjutnya: Berikut panduan download video TikTok tanpa watermark, bisa lewat HP atau laptop

Editor: Arif Budianto
Terbaru