Jangan buru-buru, jawab dulu 7 pertanyaan ini sebelum memutuskan bercerai

Selasa, 17 Agustus 2021 | 15:18 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan buru-buru, jawab dulu 7 pertanyaan ini sebelum memutuskan bercerai


RUMAH TANGGA -  Tidak sedikit pasangan menikah yang memutuskan bercerai karena berbagai alasan. Namun sebelum memutuskan berpisah, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab agar tidak menyesal setelah berpisah.

Setiap pasangan pasti ingin hubungan berjalan baik. Namun, permasalahan yang muncul membuat beberapa pasangan memutuskan untuk bercerai. 

Ada beragam penyebab yang membuat pasangan suami istri memilih jalan perceraian. Perselingkuhan hingga kekerasan dalam rumahtangga (KDRT) menjadi beberapa faktor perceraian. 

Jika permasalahan rumah tangga di luar KDRT atau perselingkuhan, sebaiknya Anda bertanya pada diri sendiri mengenai pasangan, pernikahan, dan perceraian. 

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk bercerai, dirangkum dari The New York Times dan Very Well Mind.

Baca Juga: Tips cara mengajari anak tentang kebersihan diri dan lingkungan

Apakah Anda masih mencintai pasangan?

Hal yang paling pertama yang perlu Anda jawab sebelum memutuskan bercerai adalah tentang perasaan pada pasangan. Apakah Anda masih mencintai suami atau istri seperti dulu?

Namun demikian, perasaan tidak bisa menjadi tolok ukur untuk bercerai atau bertahan. Terkadang pasangan masih saling mencintai, tetapi, karena satu dua sebab, perceraian menjadi jalan yang terbaik. 

Karenanya, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya sebelum memutuskan bercerai.

Sudahkah Anda siap secara finansial?

Bercerai berarti Anda harus siap menanggung kebutuhan pribadi dan anak dengan mandiri. Saat masih menikah, mungkin keuangan rumah tangga disokong bersama atau salah satu pihak. 

Jika sudah bercerai, tentu Anda akan kehilangan sosok yang membantu dalam masalah finansial. Karena itu, pikirkan lagi masak-masak jika akan bercerai dengan kondisi finansial yang belum baik. 

Nancy Colier, psikoterapis asal Manhattan, AS, menyarankan untuk mempersiapkan sejak dini tentang masalah finansial ini. Namun demikian, semuanya kembali pada kondisi rumahtangga Anda.

Baca Juga: Bisa dapat hingga 4,4 juta, ini syarat mendapat BLT anak sekolah dan cara mengeceknya

Apakah Anda akan merasa lebih bahagia tanpa pasangan?

Pikirkan baik-baik, apakah perceraian bisa membuat Anda lebih bahagia. Cari apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam pernikahan secara realistis.

Apakah hal tersebut setara dengan yang Anda berikan pada pasangan. Menemukan tujuan yang jelas bisa membuat keputusan untuk bertahan tidak terlalu berat. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru