Jangan dicuci, ini 6 cara menyimpan daging kurban agar awet bisa berbulan-bulan

Kamis, 30 Juli 2020 | 10:31 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan dicuci, ini 6 cara menyimpan daging kurban agar awet bisa berbulan-bulan

ILUSTRASI. Daging kurban bisa bertahan berbulan-bulan jika disimpan dengan benar.


IDUL ADHA - Jakarta. Ada suka cita di tengah perayaan Hari Raya Idul Adha. Umat Islam mendapat daging kurban, bisa berupa daging kambing atau sapi. Bagaimana jika daging kurban tidak bisa habis dikonsumsi dalam sehari?

Tentunya, daging kurban harus disimpan agar tidak membusuk. Bagaimana cara menyimpan daging kurban? Simak cara menyimpan daging kurban yang benar sebagai berikut.

Baca jugaTak perlu repot, 11 bandara ini sudah menyediakan layanan rapid test corona

Daging adalah bahan makanan yang cepat rusak. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam dan permukaannya yang basah sangat mendukung bagi kehidupan mikroorganisme. Aktivitas mikroorganisme seperti bakteri atau jamur dapat menyebabkan daging menjadi rusak dan busuk.

Jika daging busuk ini sampai dimakan, sangat mungkin akan menimbulkan masalalh kesehatan. Meski sudah dimasak dalam suhu tinggi, mengonsumsi daging sapi maupun daging kambing yang telah busuk tetap berisiko membuat seseorang mengalami keracunan makanan.

Bakteri pada daging yang busuk mungkin saja akan mati akibat panas yang dihasilkan saat proses memasak. Tapi masalahnya, bakteri tersebut bisa jadi telah meninggalkan racun pada daging, sehingga dapat menyebabkan keracunan. Maka dari itu, Anda perlu menyimpan daging sapi maupun daging kambing secara tepat agar tetap sehat dan higienis. Caranya:

1. Daging jangan dicuci dulu Melansir

Buku Hidangan Lezat: Daging Sapi dan Kambing (2013) oleh Tim Dapur Esensi, apabila belum akan dimasak, daging sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu untuk kemudian disimpan di dalam kulkas. Mencuci daging sapi maupun kambing ketika akan disimpan hanya akan menambahkan kandungan air pada daging tersebut.

Menyimpan daging yang berair padahal akan membuat daging lebih mudah mengalami freezer burn. Freezer burn adalah kondisi yang terjadi ketika makanan telah rusak oleh dehidrasi dan oksidasi, karena udara mencapai makanan.

Daging yang mengalami freezer burn akan terlihat mongering. Selain itu, proses pencucian membuat daging rentan terkontaminasi bakteri lain yang berasal dari tempat pencucian maupun air itu sendiri.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru