Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Meteor dan Asteroid dalam Penjelasan Singkat

Rabu, 16 Februari 2022 | 12:39 WIB   Penulis: Arif Budianto
Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Meteor dan Asteroid dalam Penjelasan Singkat

ILUSTRASI. Jangan keliru, inilah perbedaan meteor dan asteroid dalam penjelasan singkat.


ASTEROID - Jangan keliru, inilah perbedaan asteroid dan meteor dalam penjelasan singkat. Asteroid adalah batu kecil yang mengorbit Matahari, sedangkan meteor merupakan meteorid yang datang cukup dekat ke Bumi dan memasuki atmosfer Bumi.

Meteorid yang menguap tersebut akan berubah menjadi meteor yang terlihat seperti seberkas cahaya di langit. Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan asteroid dan meteor.

Masih belum cukup? Baiklah, mari bahas satu per satu tentang asteroid dan meteor yang juga merupakan bagian dari benda langit.

NASA atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat membagikan informasi singkat mengenai asteroid dan meteor melalui laman resminya dalam versi singkat yang mudah dipahami.

Baca Juga: Apa Itu APOD? Astronomy Picture of The Day, Melihat Foto Astronomi Sesuai Kalender

Ilustrasi: Meteor

Perbedaan asteroid dan meteor dalam penjelasan singkat

Asteroid adalah benda kecil berbatu yang mengorbit Matahari. Ukurannya lebih kecil dari planet tetapi lebih besar dari benda seukuran kerikil. Itulah yang disebut sebagai meteoroid.

Sedangkan meteor adalah apa yang terjadi ketika meteoroid (bagian dari asteroid) terbakar saat memasuki atmosfer Bumi. Dalam proses tersebut, meteor menampakan cahaya di atas langit.

Dari mana asalnya asteroid?

Menurut NASA, sebagian besar asterooid di tata surya ini ditemukan di sabuk asteroid utama terletak di wilayah antara Mars dan Jupiter.

Meskipun demikian, asteroid juga dapat berpindah di lokasi lain di tata surya. Misalnya, beberapa asteroid mengorbit Matahri di jalur yang membawanya berada di dekat Bumi.

Baca Juga: Terkuak! Inilah Komet Terbesar yang Pernah Ditemukan hingga Kini

Editor: Arif Budianto

Terbaru