Jangan Maksa Pakai Windows 11 Bila Spek Tak Mendukung, Microsoft Beri Watermark Ini

Jumat, 25 Maret 2022 | 09:09 WIB   Penulis: Arif Budianto
Jangan Maksa Pakai Windows 11 Bila Spek Tak Mendukung, Microsoft Beri Watermark Ini

ILUSTRASI. Jangan Maksa Pakai Windows 11 Bila Spek Tak Mendukung, Microsoft Beri Watermark Ini


WINDOWS 11 - Jangan maksa pakai Windows 11 bila spek tak mendukung. Microsoft bakal berikan watermark ini, yang menampilkan informasi bahwa spesifikasi laptop atau PC tersebut tidak sesuai syarat Windows 11.

Apakah Anda berencana ingin menggunakan Windows 11? Sebaiknya pikirkan dahulu sebelum memutuskan menggunakan Windows 11 di laptop atau PC Anda.

Hal utama yang perlu dipikirkan sebelum menggunakan Windows 11 adalah spesifikasi yang harus memenuhi. Oleh karena itu tidak heran, Microsoft menghadirkan Windows 11 secara berkala, terutama untuk mereka yang ingin upgrade dari Windows 10.

Microsoft terus meluncurkan Windows 11 bila dirasa spesifikasi sebuah laptop atau PC sudah memenuhi syarat minimal. Bila belum, Microsoft tidak akan menambahkan update Windows 11 di laptop atau PC pengguna.

Kendati demikian, masih ada beberapa pengguna yang memaksa menggunakan Windows 11 di laptop atau PC mereka. Dengan menghalalkan berbagai cara, termasuk bypass spesifikasi minimum supaya dapat install Windows 11 di perangkat mereka.

Meskipun mungkin Windows 11 dapat berjalan lancar, tetapi tetap saja cara tersebut tidak dianjurkan Microsoft. Untuk merespon user yang masih nekat install Windows 11 dengan cara tersebut, nampaknya Microsoft bakal memberikan watermark ini.

Mengutip dari The Verge, Microsoft lewat update Windows 11 terbaru versi Release Preview yang menghadirkan perubahan menarik. Perubahan terbaru ini sebagai bentuk peringatan terhadap pengguna yang memaksa menggunakan Windows 11 tetapi tidak memperhatikan spek.

Windows 11

Baca Juga: Cara Download OBS Studio Lewat Steam, Aplikasi Gratis di Laptop Buat Record/Streaming

Update yang kini tersedia untuk pengguna yang bergabung di Windows Insider ini akan memunculkan watermark bertuliskan "System requirements not met. Go to settings to learn more." Watermark ini akan muncul di bagian pojok kanan bawah layar desktop.

Pengguna akun Twitter @xenopanther juga telah melakukan uji coba terkait update terbaru Windows 11 ini. Benar saja, muncul watermark di bagian pojok kanan bawah, seperti berikut ini.

 

Catatan, bila spesifikasi laptop atau PC Anda sudah memenuhi spesifikasi atau syarat minimum Windows 11, watermark ini tidak akan muncul.

Seperti yang kita ketahui, Windows 11 menghadirkan spesifikasi yang terbilang tidak begitu ramah. Meskipun pada dasarnya dapat berjalan dengan spesifikasi yang umum ditemukan pada laptop atau PC saat ini, namun modul TPM 2.0 ini hanya ditemui di hardware terdahulu.

Baca Juga: Game Android Terbaru Mirip Valorant Sudah Bisa Download Lewat Play Store, Hyper Front

Itulah syarat yang menjadi kendala sebagian besar pengguna laptop atau PC yang masih berpikir-pikir apakah naik ke Windows 11 atau tetap di zona nyaman Windows 10.

Bagaimana menurut Anda? Apakah laptop atau PC yang Anda gunakan sudah memenuhi spesifikasi atau syarat minimal Windows 11?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru