HOME

Jangan matikan AC saat mengendarai mobil di kala hujan, ini fungsinya

Sabtu, 28 Desember 2019 | 16:10 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan matikan AC saat mengendarai mobil di kala hujan, ini fungsinya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengendarai mobil yang utama adalah memastikan keamanan jarak pandang. Tetapi, bagaimana halnya jika tiba-tiba hujan turun dan membuat kaca mobil menjadi berembun. 

Kondisi ini tentunya berbahaya karena bisa mengurangi jarak pandang seorang pengemudi. Apalagi saat berkendara di malam hari dan minim penerangan jalan. 

Baca Juga: Toyota Yaris terbaru hadir, harga mulai Rp 178 Jutaan

Selama ini ternyata masih banyak pengemudi yang kurang paham atau belum tahu bagaimana cara menghilangkan embun pada kaca di saat hujan turun. Padahal, untuk menghilangkan embun pada kaca tersebut cukup mudah. 

Embun yang menutup kaca mobil tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu antara udara di kabin dan di luar. Di mana suhu di luar kabin saat hujan lebih dingin dibandingkan dengan di kabin. 

Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok, Deni Andrian, kepada KOMPAS.com, belum lama ini.  

Kata Deni, salah satu langkah tepat untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menyalakan sistem penyejuk udara atau air conditioner (AC). “Tujuannya agar kaca mobil tidak berembun. Sebab embun di kaca mobil dianggap bisa mengganggu jarak pandang,” kata Deni. 

Baca Juga: Libur natal 2019, kendaraan di tol Cikampek melonjak hingga 90%

Maka dari itu, Deni pun menyarankan kepada pemilik mobil agar tetap menyalakan AC saat hujan. Dengan menyalakan AC maka embun akan hilang dengan sendirinya. 

Meskipun membuka kaca, perbedaan suhu yang jauh antara kedua ruangan membuat embun sulit hilang. "Kalau tidak akan berembun karena ada perbedaan suhu antara di dalam dengan luar kendaraan," katanya. 

“Tentu saja tidak perlu sampai posisi full. Paling tidak suhunya harus lebih dingin di dalam kendaraan agar kaca tidak berembun," kata Deni. (Ari Purnomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengendarai Mobil Saat Hujan Jangan Matikan AC, Ini Fungsinya"


Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay
Editor: Tendi
Terbaru