Jangan ragu memilih, ini 10 keunggulan dari pendidikan vokasi dibanding yang lain

Kamis, 18 November 2021 | 14:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan ragu memilih, ini 10 keunggulan dari pendidikan vokasi dibanding yang lain

ILUSTRASI. Jangan ragu memilih, ini 10 keunggulan dari pendidikan vokasi dibanding yang lain. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ.

KONTAN.CO.ID - Masih banyak pelajar yang ragu untuk memilih pendidikan vokasi sebagai tempat untuk menimba ilmu. Padahal, ada banyak keunggulan dan keuntungan yang bisa didapat jika memilih pendidikan vokasi. 

Kebanyakan pelajar memilih untuk melanjutkan pendidikan ke program sarjana. Sebab, mereka beranggapan program ini memiliki keuntungan dibandingkan dengan program lainnya. 

Bersumber dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, pendidikan vokasi tidak kalah berkualitas dengan program-program pendidikan lainnya. 

Dengan berbagai bekal yang telah dipelajari, baik di sekolah/kampus/kursus maupun saat praktik di dunia industri, pelajar yang menempuh pendidikan vokasi bisa tumbuh dengan soft skill dan hard skill yang mumpuni hingga siap untuk terjun langsung dalam dunia kerja maupun berwirausaha.

Ada empat program pendidikan vokasi yang bisa jadi pilihan pelajar yaitu Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3), dan Diploma 4 (D4).

Baca Juga: Lowongan kerja terbaru PT. Geo Dipa Energi 2021, simak persyaratannya ini

10 Keunggulan pendidikan vokasi

Agar lebih yakin memilih program pendidikan vokasi, berikut keunggulan dari program pendidikan ini yang dirangkum dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek:

  1. Teaching factory
  2. Link and match industry
  3. Lebih banyak praktik
  4. Magang bersertifikat
  5. Project based learning
  6. Kaya soft skill dan hard skill
  7. Inovatif dan kreatif berkarya
  8. Belajar dan berlatih wirausaha
  9. Terampil dan berdaya saing global
  10. Mudah beradaptasi di dunia kerja

Baca Juga: Sering belajar tapi tidak ada kemajuan? Ini tips belajar yang maksimal dan efektif

Selain 10 keunggulan tersebut, ada lagi keunggulan dari pendidikan vokasi yang bisa menjadi nilai plus saat Anda akan melanjutkan pendidikan.

Keunggulan berikutnya adalah adan program SMK PK yang dapat mempercepat lulusan yang berkarakter, berstandar dunia usaha/industri/kerja dan memiliki daya saing sesuai dengan profil Pancasila.

Selanjutnya, ada program D2 fast track yang setelah lulus SMK bisa melanjutkan pendidikan Diploma 2 selama 1,5 tahun serta pengalaman bekerja di dunia industri. 

Ada juga program D4 yang setara dengan program Sarjana. Program D4 ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan gelar, ijazah, sertifikasi kompetensi, dan portofolio tangible. 

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, pelajar tidak perlu ragu lagi untuk memilih melanjutkan pendidikan ke pendidikan vokasi.

Selanjutnya: Kementerian ESDM: Penerapan pajak karbon berdampak pada tambahan biaya bagi pemasar

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru