Jangan sampai kucing stres di rumah, inilah 6 hal yang harus dilakukan & dihindari

Rabu, 13 Januari 2021 | 14:47 WIB   Penulis: Mega Putri
Jangan sampai kucing stres di rumah, inilah 6 hal yang harus dilakukan & dihindari

Apa saja yang harus dihindari dan dilakukan agar kucing tidak stres di rumah.


KONTAN.CO.ID - Kucing adalah hewan peliharan yang populer. Kucing-kucing lucu akan membuat orang-orang ingin memelihara dan langsung membawanya tinggal di dalam rumah. 

Namun perlu diperhatikan, kucing juga bisa stres jika suasana di rumah tidak nyaman untuknya. Jangan sampai membuat hewan kesayangan Anda justru mengalami stres. 

Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan atau dihindari untuk membuat kucing peliharaan Anda tidak stres di rumah. Perhatian beberapa tips di bawah ini.

Perhatikan tempat tidurnya

Tidur menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh kucing peliharaan di rumah. Berikan tempat yang nyaman untuk kucing beristirahat yang jauh dari keramaian atau suara keras agar kucing tidak stres. 

Berikan makanan yang sehat dan cocok

Makanan adalah hal yang penting bagi hewan peliharaan. Berikan makanan dengan jadwal yang teratur untuk kucing. Menurut PetMD, jangan sampai kucing-kucing Anda bertengkar untuk berebut makan karena itu akan membuat mereka stres. 

Baca Juga: 8 Kucing lucu dan pintar yang mencuri perhatian penonton di film-film populer

Perhatikan interaksi dengan kucing

Jangan terlalu sering memaksa kucing bertemu dengan orang baru yang datang ke rumah. Situs Wellness Pet Food menyarankan, jangan memaksa memegang kucing atau memaksanya bermain jika hewan tersebut tidak ingin. 

Hindari perubahan yang drastis

PetMD mengungkapkan, perubahan lingkungan yang drastis dan rutin dapat menyebabkan kucing stres. Selain memperhatikan lingkungan kucing, pertahankan jadwal aktivitas yang teratur bersama kucing seperti waktu bermain, makan dan sebagainya.  

Apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat kucing tidak stres di rumah.

Buat tempat bermain dan bersembunyi

Melansir situs Wellness Pet Food, kucing suka berpindah dari tempat bersembunyi dan tempat terbuka. Buat teritori sendiri untuk kucing. Kucing membutuhkan tempat tidur, bermain, bersembunyi hingga memanjat. Siapkan tempat-tempat yang nyaman untuk semua aktivitas tersebut. 

Berusaha dekat dengan kucing

Kucing sangat menyukai perhatian dari pemiliknya. Situs PetMD menyarankan, meluangkan waktu dengan kucing setiap harinya untuk berkomunikasi atau memeluk kucing dapat mengurangi stres hewan tersebut. Kucing juga akan lebih nyaman dengan kehadiran Anda. 

Selanjutnya: 6 Hal yang harus Anda siapkan sebelum memelihara kucing di rumah

Editor: Mega Putri


Terbaru