Jangan sentuh! Tanaman ini memiliki bulu-bulu yang menyengat dan beracun

Jumat, 18 September 2020 | 11:22 WIB Sumber: BGR
Jangan sentuh! Tanaman ini memiliki bulu-bulu yang menyengat dan beracun


TANAMAN BERBAHAYA - Mirip binatang penyengat, tanaman yang satu ini ternyata bisa mengeluarkan sengatan yang menyakitkan. Sengatan menyakitkan dari tanaman ini menimbulkan rasa sakit berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Sebagaimana kita ketahui, umumnya yang mengeluarkan sengatan adalah binatang. Sebut saja ubur-ubur, lebah hingga kalajengking. 

Tetapi apakah hanya hewan saja yang memiliki sengatan menyakitkan?

Tanaman yang satu ini memiliki serangan menyengat yang menyakitkan. Adalah tanaman bernama Gympie-Gympie dan lebih dikenal dengan tanaman yang menyengat.

Tanaman Gympie-Gympie hidup di wilayah Australia. Sebagai informasi tambahan, Australia cukup terkenal dengan flora dan fauna yang unik, termasuk tanaman menyengat ini.

Mengutip dari situs BGR.com, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tanaman yang menyengat ini memiliki racun. 

Selain bisa memberikan sengatan yang menyakitkan, tanaman ini ternyata memiliki racun mirip laba-laba dan makhluk laut berbahaya. 

Penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Science Advances.

Baca Juga: Hiu paus betina ternyata lebih besar dari jantan, begini penjelasannya

Lebih lanjut, tanaman tersebut ternyata tidak hanya ditemukan di Australia. Di wilayah lain seperti Eropa dan Amerika Utara, namun sengatannya tidak menyakitkan seperti varian yang di Australia.

"Sengatan dari tanaman yang tumbuh di wilayah Australia dapat memberikan efek sakit berhari-hari hingga berminggu-minggu", ujar Irina Vetter seorang peneliti yang terlibat.

Sumber sengatan dari tanaman Gympsie-Gympsie terletak di jarum yang terlihat seperti rambut atau bulu-bulu halus. Sekilas memang terlihat seperti bulu-bulu halus, namun Anda jangan sampai menyentuhnya jika tidak ingin tersengat.

Bulu-bulu halus ini terletak di bagian daun dari tanaman Gympi-Gympie.

Penelitian tersebut memberikan nama racun ini berdasarkan nama tanaman tersebut. Yakni "gympietides" sebagai bentuk penghormatan atas nama tanaman yang menyengat ini.

Sebagai penutup, hati-hati ya guys jika melihat atau menemukan tanaman ini. Lebih baik social distancing dengan tanaman ini agar tidak terkena sengatan menyakitkan.

Selanjutnya: Bunga edelweis, ini arti nama dan sanksi memetik bunga abadi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru