Jelang Asian Games, stok kain songket Palembang menipis

Senin, 30 Juli 2018 | 18:55 WIB   Reporter: Andy Dwijayanto
Jelang Asian Games, stok kain songket Palembang menipis

ILUSTRASI.


ASIAN GAMES - JAKARTA. Gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tinggal menghitung hari. Selain infratruktur, pelayanan jasa hospitality juga terus ditingkatkan. 

Alex Nurdin, Gubernur Sumatera Selatan mengatakan, saat ini gaung Palembang menjadi semakin mendunia dengan adanya gelaran tersebut. Perhatian dunia terhadap Palembang tak hanya soal sport tourism saja melainkan juga budaya dan lainnya.

“Di Palembang saya cek ketersediaan songket pagi tadi sudah menipis, jadi nanti kalau begitu sampai bandara langsung ke gerai songket karena siapa cepat dia dapat,” ujarnya, Senin (30/7).

Dirinya mengatakan tipisnya stok songket karena banyak wisatawan yang membeli kain khas Palembang tersebut. Asal tahu saja untuk membuat satu kain songket membutuhkan waktu sekitar satu bulan oleh karena itu stok yang ada saat ini menipis karena demand yang besar.

“Kami punya 3.000 UMKM dan 1.000 diantaranya pengarjin songket, sebulan itu hanya satu songket berkualitas. Oleh karena itu siapa yang berkunjung ke Palembang dalam rangka apapun begitu mendarat langsung saja ke gerai songket kami,” lanjutnya.

Saat ini Palembang menjadi destinasi sport tourism dikarenakan event Asian Games, hal ini akan memberikan dampak direct impact ke kota tersebut sebanyak Rp 1 triliun. Lebih dari itu, dampak turunan event tersebut juga diprediksi akan lebih besar lagi.

“Gara-gara Asian Games, luar biasa perhatian dunia dan pemerintah kepada Sumsel, khususnya Palembang. Jadi strategi kami dulu ternyata benar (sport tourism), Asian Games bukan semata tujuan tetapi alat mencapai tujuan,” kata Alex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru