Jelang Konser Coldplay 15 November 2023, Ini yang Dilakukan Pengelola GBK

Senin, 06 November 2023 | 14:15 WIB Sumber: Kompas.com
Jelang Konser Coldplay 15 November 2023, Ini yang Dilakukan Pengelola GBK

ILUSTRASI. Pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) melakukan berbagai persiapan menjelang konser Coldplay pada 15 November 2023. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.


INDUSTRI MUSIK - JAKARTA. Pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) melakukan berbagai persiapan menjelang konser Coldplay pada 15 November 2023.

Analisa Pelayanan Stadion Utama GBK Muhammad Trinugroho W mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan sejak pekan lalu. Termasuk mempersiapkan persiapan di dalam dan di luar area GBK.

Persiapan dilakukan sejak minggu lalu, termasuk fasilitas di dalam dan yang di luar. 

“Yang di dalam kita dalam rangka tindakan pencegahan evakuasi atau emergency. Semua ini semua tindakaan pencegahan ya. Artinya kalau emang tidak ada situasinya akan dibalikan kembali,” ujar Trinugroho W di GBK, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Salah satu yang dipersiapkan di area dalam adalah pencabutan 3.000 kursi di area pintu merah arah selatan GBK.

Baca Juga: Grup Band Coldplay Digugat Mantan Manajer Hingga Lebih dari Rp 182,7 Miliar

Trinugroho menjelaskan hal itu dilakukan untuk menambah jalur evakuasi dari penonton yang ada di area festival.

“Nah tentunya yang tadi saya bilang yang merupakan kewajiban yang diminta oleh tim EO dan tim artis jadi area tersebut jd area tambahan evakuasi pengunjung jika terjadi sesuatu. Kalaupun tidak terjadi sesuatu maka kursi akan dipasang seperti sediakala,” kata Trinugroho.

Persiapan lainnya adalah menutup track atletik dan rumput dengan menggunakan grass cover yang dibeli langsung dari Inggris.

“Kita punya grass cover baru kita beli dari UK akan kita mix (gunakan) untuk pembangunan panggung ada juga untuk penutupan rumput biasa,” ucap Trinugroho.

Untuk area luar, pihak pengelola venue juga memodifikasi jalur, terutama di area Stadion Madya.

“Untuk sisi luar kita ada modifikasi jalur terutama dari area Stadion Madya. Kita punya jalur tersendiri. Itu ada rem, dari paritnya Stadion Utama utama di ring road itu dibuka pagarnya beberapa untuk diberikan akses langsung ke selasar lantai 2 di Stadion Utama GBK,” ujar Trinugroho.

“Lalu persiapan kalau dari stadion itu. Nantinya juga dalam seminggu ini penutupan rumput. Harinya akan menyusil,” lanjut Trinugroho.

Pengelola venue juga melakukan pengecekan fasilitas CCTV, lampu, dan fire alarm.

Baca Juga: Mengulik Rahasia Kekokohan Stadion GBK Sebagai Landmark Ikonik Indonesia

Trinugroho memastikan venue sudah dipersiapkan dengan baik. Sehingga bisa digunakan untuk dua pekan dari tim Coldplay untuk mempersiapkan semuanya.

“Dari luar dan dari dalam venue dah siap tinggal dari pemilik event aja,” ucap Trinugroho.

“Itu (persiapan) mulai dari tanggal 6 yang berarti hari ini, 6 November 2023, sampai dengan ada penambahan hari sampai tanggal 18 November 2023. Itu berarti dia ada sekitar tiga hari (penambahan) untuk loading dan pembongkaran,” tutur Trinugroho.

Sebagai informasi, Coldplay pertama kalinya akan konser di Indonesia pada 15 November mendatang. Chris Martin dan personel lainnya akan menggelar konser bertajuk Music of the Spheres World Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Tiket konser sudah dipastikan sold out sejak dijual pada Mei 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persiapan GBK Jelang Konser Coldplay, dari Cabut Kursi, Pasang Grass Cover, hingga Modifikasi Jalur"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru