Jelang Lebaran, Ini Langkah Kemenparekraf

Jumat, 21 April 2023 | 13:15 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Jelang Lebaran, Ini Langkah Kemenparekraf


INDUSTRI PARIWISATA - Jelang Lebaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan banyak pihak. Termasuk dengan Online Travel Agent (OTA) untuk menyediakan paket wisata mudik lebaran 2023 dengan berbagai macam penawaran hingga diskon menarik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, pada masa Mudik Lebaran 2023 akan banyak diskon, mulai dari transportasi hotel, akomodasi, hingga paket wisata.

“Kami mengapresiasi beberapa OTA yang telah berpartisipasi karena promo-promo ini paling banyak dinanti-nanti dan menjadi salah satu upaya kita untuk membuat harga tiket hingga akomodasi lebih terjangkau. Promonya bermacam-macam mulai dari 10 persen hingga potongan harga mencapai Rp1.000.000,” ujar Menparekraf Sandiaga saat The Extended Weekly Brief With Sandi Uno, di Jakarta, Senin (17/4).

KolaborAksi ini, kata Sandiaga diharapkan dapat memikat minat para pemudik untuk melakukan aktivitas mengunjungi berbagai destinasi wisata, desa wisata, atraksi wisata, serta objek wisata lainnya dengan memanfaatkan promo libur lebaran.

Baca Juga: Perkuat Tata Kelola Pariwisata, Labuan Bajo Kembangkan Manajemen Destinasi

“Hal ini didukung dengan penambahan masa libur lebaran pada tahun 2023 dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah perjalanan, lama tinggal, dan pengeluaran wisatawan nusantara,” katanya.

Keempat mitra yang berkolaborasi tersebut antara lain, Atourin yang menawarkan diskon 10 persen untuk seluruh produk di marketplace Atourin. Kemudian ada Mister Aladin yang menawarkan promo untuk hotel, tiket kereta api, tiket pesawat, paket wisata, dengan potongan harga sebesar Rp200.000 untuk hotel, hingga diskon sebesar 50 persen untuk paket wisata di wilayah 5 Destinasi Super Prioritas.

Kemudian ada Traveloka yang menawarkan promo #RayakanYourWay dengan promo untuk transportasi, akomodasi, hingga aktivitas wisata, mulai dari diskon sebesar 10 persen hingga potongan harga sebesar Rp1.000.000.

Sementara itu, Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa menjelaskan, musim mudik dan lebaran tahun 2023 menjadi saat liburan yang paling ramai dalam tiga tahun terakhir. Tiket.com menggelar Tiket Hari Raya (THR) hingga membuat promo sampai 40 persen plus diskon sampai Rp 570 ribu.

Baca Juga: Kemenparekraf Prediksi Perputaran Uang Selama Libur Lebaran Mencapai Rp 240,1 Triliun

“Ada peningkatan yang cukup signifikan, tiket penerbangan kenaikannya mencapai 288 persen, akomodasi mencapai 200 persen, dan ground transport bisa mencapai 300 persen. Ini luar biasa dibandingkan dengan periode sebelumnya. Semoga tiket.com dengan program THR-nya bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mudik dengan aman, nyaman, dan budget tidak buat kantong kering,” katanya.

Tak hanya penyedia paket wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) juga berkolaborasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kolaborasi ini berbentuk informasi dan layanan di 100 titik posko lebaran Polri untuk mewujudkan mudik lebaran yang aman dan nyaman #DiIndonesiaAja.

Kolaborasi ini ditandai dengan penyerahan roll banner yang di dalamnya terdapat sebuah QR-Code Linktree berisikan berbagai informasi yang dapat dipindai atau scan dengan gawai masyarakat.

"Kita harapkan kerja sama ini akan mampu menghadirkan mudik lebaran yang aman dan nyaman di #IndonesiaAja," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: Industri Pariwisata Semakin Menunjukkan Pemulihan

Kemenparekraf bersama kementerian/lembaga dan berbagai pihak lainnya sebelumnya telah menyiapkan program-program untuk menunjang momentum libur lebaran dan mudik tahun 2023.

Di antaranya menyiapkan media center untuk pemantauan aktivitas wisata selama libur lebaran dan mudik tahun 2023 melalui platform sisparnas.kemenparekraf.go.id serta penerbitan Surat Imbauan pemantauan libur hari raya Idul Fitri 1444 H terkait keamanan, kenyamanan, ketertiban, serta penerapan CHSE di destinasi pariwisata kepada Dinas Pariwisata.

Kemenparekraf juga meluncurkan sejumlah program terkait paket wisata. Yakni program BETI DEWI (Beli Kreatif Paket Desa Wisata), program 100 PAK WISNU (Paket Wisata Nusantara) yang bekerja sama dengan Dispar dari 34 provinsi, paket-paket wisata tematik bulanan yang masih dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Bangga BerWisata di Indonesia, serta berbagai e-booklet pariwisata. Di antaranya e-booklet "Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja" sebagai alternatif panduan bagi para pemudik untuk berwisata religi di masjid-masjid.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan, program atau informasi tersebut yang dapat diakses masyarakat dengan memindai QR-Code yang tertera dalam roll banner yang didistribusikan ke 100 titik posko lebaran berkolaborasi dengan Korlantas Polri.

Made berharap kolaborasi ini dapat memberikan edukasi kepada publik bahwa mudik kali ini harus memberikan rasa aman nyaman dan juga mendatangkan dampak ekonomi bagi masyarakat lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Sandiaga Uno Harap Ideathon di NTT Tumbuhkan Ekosistem Event Kelas Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru