Jika lulus tidak bisa daftar jalur lain, cermat pilih jurusan saat daftar SNMPTN 2021

Jumat, 12 Februari 2021 | 09:08 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jika lulus tidak bisa daftar jalur lain, cermat pilih jurusan saat daftar SNMPTN 2021

ILUSTRASI. Jika lulus tidak bisa daftar jalur lain, cermat pilih jurusan saat daftar SNMPTN 2021.


KONTAN.CO.ID - Pendaftaran SNMPTN sebentar lagi dibuka untuk siswa yang eligible. Pendaftaran jalur ini dibuka pada 15-24 Februari 2021. 

Bagi siswa eligible yang belum memiliki akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), masih ada kesempatan untuk registrasi akun hingga tanggal 23 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. 

Bagi siswa yang bisa mengikuti jalur SNMPTN 2021, dihimbau untuk memperhatikan beberapa aturan SNMPTN tahun ini yang berbeda dari tahun sebelumnya.  

Berbeda dengan tahun lalu, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN 2021 sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah. Sekolah akan menentukan siswa yang eiligible untuk mengikuti seleksi jalur ini. 

Siswa lulus SNMPTN tidak boleh daftar jalur UTBK

Peserta bisa memilih dua program studi dari satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau di dua PTN. Berbeda dengan SNMPTN tahun-tahun sebelumnya, peserta diwajibkan memilih PTN yang se-provinsi dengan SMA/SMK/MA asal. 

Jika peserta memilih dua jurusan di dua PTN yang berbeda, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asal. Jika hanya memilih satu program studi, bisa memilih PTN di seluruh Indonesia. 

Melansir laman LTMPT, siswa yang dinyatakan lulus pada jalur SNMPTN 2021, 2020, dan 2019, akan ditolak untuk mendaftar UTBK 2021. 

Karena kebijakan ini, siswa diimbau untuk bijak dan berhati-hati dalam memilih jurusan kuliah. Peserta jalur SNMPTN disarankan untuk tidak lintas minat tergantung dengan ketentuan PTN tujuan. 

Baca Juga: Hati-hati hoaks, ini klarifikasi tentang Kartu Indonesia Pelajar (KIP) Kuliah 2021

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru