Juara Grup A, Korea Selatan Tantang Indonesia di Perempat Final AFC U23 Kamis (25/4)

Senin, 22 April 2024 | 23:37 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Juara Grup A, Korea Selatan Tantang Indonesia di Perempat Final AFC U23 Kamis (25/4)

ILUSTRASI. Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman (kanan) berselebrasi dengan rekannya Pratama Arhan (kiri) usai mencetak gol ke gawang Timnas Yordania U-23 pada Kualifikasi Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024). Indonesia menang 4-1 atas Yordania dan melaju ke perempatfinal Piala Asia U-23. ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/rwa.


SEPAK BOLA - JAKARTA. Usai unggul melawan Jepang dengan skor 0-1 Korea Selatan resmi menjadi juara grup B. Dengan demikian Korea Selatan akan menantang Timnas Indonesia U-23 yang sudah menunggu terlebih dulu setelah memastikan kursi runnerup di grup B. 

Pertandingan antara Korea Selatan U23 vs Indonesia U23 akan digelar pada Kamis 25 April mendatang pukul 23.30 WIB yang disiarkan langsung oleh RCTI

Tim U-23 Indonesia mencetak sejarah di Piala Asia U-23 2024. Sejarah diukir Garuda Muda yang berstatus tim debutan dengan lolos ke babak pertama final untuk pertama kalinya.

Kepastian ini didapat setelah mengalahkan Yordania U-23 dengan skor telak 1-4 pada laga ketiga atau partai terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4).

Baca Juga: PLN IconPlus Dukung Program Kemenlu Dorong Investasi Hijau Korea Selatan di Indonesia

Dengan ini Indonesia berstatus sebagai runner up grup A, Indonesia akan bertemu dengan juara grup B yakni Korea Selatan. 

Gol kemenangan Jepang tercipta lewat sundulan Kim Min-woo, dari bola sepak pojok di menit-menit terakhir 75. Pada pertandingan tersebut Korea Selatan lebih banyak bertahan, dengan penguasaan bola hanya sebesar 39,1 persen dan tendangan mengarah ke gawang Jepang sebanyak 6 kali.

Sementara Jepang mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 60,9% dan upaya tendangan ke arah gawang Korsel sebanyak 15 kali. 

Pada laga ini sebenarnya Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Garuda Muda berhasil membuka keunggulan pada menit 23 melalui titik putih yang dieksekusi dengan baik oleh Marselino Ferdinan.

Baca Juga: Lolos 8 Besar Piala AFC U-23 Timnas Indonesia Siap Bertemu Jepang atau Korsel

Penalti diberikan wasit Ammar Ashkanani asal Kuwait setelah salah satu pemain Yordania melakukan pelanggaran terhadap Rafael Struick. Skor 0-1 untuk Indonesia.

Memasuki menit 40, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 0-2 lewat Witan Sulaeman. Witan melepaskan sepakan melengkung yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Yordania, Ahmad Juaidi.

Unggul dua gol tidak membuat Indonesia mengendurkan serangan di babak kedua. Anak asuh Shin Tae-yong terus berupaya mendapatkan gol ketiga.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Daftar Skuad Laga Perancis vs Korea Selatan

Upaya itu berbuah manis setelah Marselino Ferdinan mencatat brace di menit 70 sekaligus membawa Garuda Muda menjauh 0-3. Setelah unggul jauh, Indonesia U-23 sedikit lengah setelah Justin Hubner malah memasukkan bola ke gawang sendiri sehingga skor berubah menjadi 1-3 pada menit 79.

Namun, tidak lama kemudian, atau tepatnya menit 86, skor kembali berubah 1-4 untuk Indonesia. Gol keempat Garuda Muda dicetak oleh Komang Teguh.

Setelah melewati waktu tambahan selama 10 menit, Rizky Ridho dan kawan-kawan berhasil mempertahankan skor 1-4. Dengan hasil ini, Indonesia lolos ke perempat final atau delapan besar Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up Grup A mendampingi tuan rumah Qatar.

Tim U-23 Indonesia mengumpulkan enam poin dari tiga laga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru