Jumlah Investor di Pasar Modal Tumbuh Signifikan, Literasi Keuangan Menjadi Penting

Rabu, 22 Mei 2024 | 15:59 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Jumlah Investor di Pasar Modal Tumbuh Signifikan, Literasi Keuangan Menjadi Penting

Aldiracita Sekuritas bersama STAR Asset Management, Buana Capital Sekuritas, dan Amantara Sekuritas, bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia menyelenggarakan Acara Literasi & Inklusi Keuangan pada Jumat 17 Mei 2024.


LITERASI UANG - JAKARTA. Upaya memperkuat literasi keuangan di kalangan pemuda Indonesia menjadi penting di era digital ini. Utamanya kepada para mahasiswa yang kelak terjun ke dunia kerja dan harus mengerti dunia investasi.

Untuk itu, Aldiracita Sekuritas bersama STAR Asset Management, Buana Capital Sekuritas, dan Amantara Sekuritas, bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia menyelenggarakan Acara Literasi & Inklusi Keuangan pada 17 Mei 2024. 

Acara ini mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari mahasiswa, tidak hanya dari Fakultas Ilmu Budaya tetapi juga dari berbagai fakultas lainnya.

Baca Juga: Daya Saing Digital di Indonesia Terus Bertumbuh, Namun Spread Makin Lebar

Pada sesi pertama, Mindo Leona, VP Fixed Income Sales Aldiracita Sekuritas Indonesia, menyoroti pentingnya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pasar modal, mengingat jumlah investor di Indonesia baru mencapai 12,168 juta pada akhir 2023. 

"Perlunya edukasi dan literasi keuangan untuk meningkatkan partisipasi ini," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (22/5). 

Ia menekankan pentingnya mengelola keuangan dengan baik dan menghindari gaya hidup konsumtif. Selain investasi saham, Mindo memperkenalkan obligasi korporasi yang menawarkan kupon menarik dan imbal hasil di atas deposito perbankan.

Pada sesi kedua, Ratih Ayu, Senior Institutional Sales STAR Asset Management, memaparkan berbagai produk reksa dana yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko investor. 

Baca Juga: Pemerintah Dorong Bank Syariah Berkolaborasi dan Konsolidasi, Ini Alasannya

Reksadana dinilai menarik bagi investor pemula karena dikelola oleh manajer investasi profesional. Produk reksa dana juga terjangkau, misalnya Reksa Dana Indeks STAR INFOBANK15 yang dapat dibeli dengan Rp 100.000 saja.

Acara ini bertujuan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya berinvestasi, mengenalkan berbagai produk investasi, serta memilih lembaga keuangan dan manajer investasi yang kredibel dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aldiracita Sekuritas Indonesia, STAR Asset Management, Buana Capital Sekuritas, dan Amantara Sekuritas berkomitmen untuk terus mengadakan dan mendukung kegiatan serupa di masa depan, memperluas jaringan edukasi keuangan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru