Belanja

Jumlah Perempuan yang Bertransaksi di Tiktok dan Tokopedia Naik 1,5 Kali Lipat

Senin, 21 April 2025 | 11:09 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
 Jumlah Perempuan yang Bertransaksi di Tiktok dan Tokopedia Naik 1,5 Kali Lipat

ILUSTRASI. Penjual menjajakan produknya secara siaran langsung di sela-sela acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2024/2025 di Jakarta, Rabu (15/1/2025). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


E-COMMERCE - JAKARTA.  Menyambut Hari Kartini, TikTok dan Tokopedia, melalui TikTok Shop by Tokopedia mengungkapkan data terkait partisipasi perempuan sebagai pembeli.

Di Tokopedia, beberapa daerah mencatatkan jumlah pembeli selama kuartal I 2025, termasuk perempuan pembeli. Antara lain Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Gorontalo.

Hal ini menunjukkan semakin banyak perempuan yang terhubung dan terbiasa bertransaksi secara digital. Khususnya di platform yang memberikan pengalaman belanja yang lebih aman dan mudah.

Sedangkan dari sisi produk, penjualan sejumlah kategori produk di Tokopedia yang cenderung digemari para perempuan turut mengalami kenaikan selama kuartal I 2025. Yaitu fesyen perempuan, ibu dan bayi, kecantikan, muslim fesyen serta fesyen anak dan bayi.

Baca Juga: Luaskan Pasar Penjual, Tokopedia & TikTok Shop Hadirkan Seller Center Terintegrasi

Sementara TikTok Shop mencatat pertumbuhan jumlah pembeli termasuk pembeli perempuan di berbagai daerah, termasuk Maluku Utara, Sulawesi Barat, Aceh, Lampung, dan Bali Rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.

Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz menyampaikan,  perempuan bisa menjadi penggerak ekonomi digital. Lewat Tokopedia dan TikTok Shop pihaknya membuka peluang luas bisnis online bagi pelaku usaha perempuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia dan bertumbuh bersama.

Misalnya TikTok Shop by Tokopedia terus bekerja sama dengan Kemenekraf melatih ratusan perempuan, khususnya usia produktif, agar bisa menjadi affiliate content creator yang bisa menghasilkan pendapatan dari mempromosikan produk UMKM lokal.

“Selain itu, Tokopedia dan TikTok Shop rutin memberi panggung yang luas bagi perempuan UMKM agar bisa berkarya lewat bisnis online,” kata Kiky - sapaan Rizky, akhir pekan lalu. 

 

Selanjutnya: Pesan Beijing bagi Negara Mitra: Jangan Buat Kesepakatan dengan AS yang Rugikan China

Menarik Dibaca: Daftar Promo Spesial Hari Kartini 2025, dari Bakmi GM sampai Genki Sushi Paket Hemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian
Terbaru