Kabar baik! Laptop Chromebook akan diproduksi perusahaan lokal

Minggu, 08 Agustus 2021 | 09:20 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kabar baik! Laptop Chromebook akan diproduksi perusahaan lokal


STRATEGI BISNIS - Bagi Anda yang tengah mencari laptop Chromebook, harap bersabar. Karena, Google mengumumkan bahwa enam produsen lokal (OEM) akan mulai memproduksi Chromebook pada tahun ini.

Sekedar informasi, enam OEM tersebut adalah Advan, Axioo, Evercoss, SPC, TSMID, dan Zyrex. Nantinya, enam produsem lokal ini bakal merekrut ribuan tenaga kerja selama dua tahun ke depan untuk memproduksi ribuan laptop hingga tahun 2022.

Para produsen lokal ini juga berencana untuk membekali ribuan siswa sekolah kejuruan di Indonesia dengan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat Chromebook. Ini akan melengkapi upaya Google untuk mentransformasi sistem pendidikan melalui pelatihan pengajar, pengembangan SDM, dan kemitraan lokal

“Produksi Chromebook di Indonesia adalah suatu kebanggaan bagi kami di Google Indonesia. Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan pendidikan secara luas di Indonesia. Laptop yang terjangkau bagi pengajar dan pelajar telah menjadi pilar utama dalam upaya kami untuk memperluas akses pendidikan," ucap Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia.

Baca Juga: Kenalan dengan fitur view once WhatsApp, lengkap dengan cara menggunakannya

Enam OEM lokal ini diharapkan bisa bekerja sama dengan sekolah kejuruan di seluruh negeri untuk memproduksi laptop, membantu membuka keran SDM baru, dan membangun fondasi kemampuan manufakturing yang lebih tinggi untuk masa depan.

“Zyrex sebagai produsen lokal yang sudah 25 tahun, turut bangga bisa menjadi penyedia Chromebook di Indonesia dan terutama berpartisipasi dalam digitalisasi pendidikan yang sedang digalakkan di Kemendikbud Ristek. Kami sangat menghargai dan menghormati kebijakan pemerintah yang membela produk buatan Indonesia,” kataTimothy Siddik, Zyrex CEO.

Timothy beranggapan dengan penggunaan Chromebook mampu memberi kesempatan kepada pelajar untuk belajar tentang teknologi informasi dan digitalisasi. "Kita harus mempersiapkan mereka agar melek digital sehingga ke depan bisa bersaing dengan negara-negara tetangga dalam menghadapi globalisasi dan revolusi industri 4.0," ungkapnya.

Selanjutnya: Gratis Mouse, Keyboard, dan Langganan 5 Aplikasi untuk Pre-order Huawei MatePad 11

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru