Kalahkan Inggris, WSBK Mandalika 2022 Catatkan Jumlah Penonton Mencapai 51.629 Orang

Selasa, 15 November 2022 | 20:25 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Kalahkan Inggris, WSBK Mandalika 2022 Catatkan Jumlah Penonton Mencapai 51.629 Orang

ILUSTRASI. Motul World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika mencatatkan rekor penonton mencapai 51.629 penonton selama 3 hari.. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) lewat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mencatat Motul World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika mencatatkan rekor penonton mencapai 51.629 penonton selama 3 hari. Jumlah ini berhasil melampaui jumlah 42.000 penonton WSBK di Donington Park, Inggris pada Juli lalu.

Direktur Marketing Injourney, Maya Watono mengatakan jumlah penonton ini mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun lalu hanya disediakan 25.000 tiket dikarenakan pembatasan penonton karena pandemi Covid-19.

“Tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik dan kepercayaan terhadap Sirkuit Mandalika. Pergelaran yang aman, nyaman, dan sukses ini tidak lepas dari kolaborasi anak usaha kami, yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC selaku pengembang area The Mandalika,” kata Maya kepada Kontan.co.id, Selasa (15/11). 

Baca Juga: WSBK Indonesian Round 2022 Selesai Digelar

Maya menambahkan, ajang balapan WSBK Mandalika 2022 juga dimeriahkan oleh Nusantara Festival dan Lombok Sumbawa Fair, festival kesenian, musik dan kuliner, yang diantaranya menampilkan kesenian daerah, pertunjukan musik dari talenta lokal maupun nasional, serta keterlibatan keterlibatan UMKM yang dikoordinasikan oleh koperasi setempat. Hal ini guna mempromosikan destinasi unggulan, kerajinan, kuliner dan pertunjukan seni budaya lokal, serta nilai-nilai kearifan lokal Nusa Tenggara Barat dan Indonesia.

Ia berharap nama Indonesia semakin dikenal dunia karena kembali berhasil menjadi tuan rumah untuk kejuaraan balap kelas dunia.

“Kami yakin ini bisa memberi pesan kepada dunia internasional bahwa pariwisata Indonesia kembali bangkit dan siap untuk dikunjungi warga dari berbagai belahan dunia. Karena selain menggelar balapan, kita juga berkomitmen untuk mempromosikan pariwisata di NTB,” harap Maya. 

Dengan melihat antusias penonton yang semakin meningkat, Injourney turut akan menjadikan ajang balapan kelas dunia ini menjadi agenda rutin setiap tahun. 

Baca Juga: Sport Tourism, The Mandalika Jadi Tuan Rumah Sejumlah Event Otomotif Bergengsi

“Kejuaraan-kejuaraan balap kelas dunia akan menjadi agenda rutin tahunan di Mandalika. Sehingga ajang balap WSBK ini kita harapkan dapat terselenggara setiap tahunnya,” jelas dia. 

Balapan WSBK Mandalika 2022 juga sponsori oleh 15 perusahaan seperti PT Pertamina Persero, PT Bank Mandiri Persero Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telekomunikasi Seluler, PT Pertamina Gas Negara Tbk, PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk, PT Bank Indonesia, PT PLN Persero, PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk, PT Wisarada Sarana Aviasi, PT Astra Honda Motor, PT Sanghiang Perkasa, PT Pancar Guna Abadi Jaya dan PT Krida Dinamik Autonusa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru