Kalem dan Sejuk, Ini Tips Dekorasi Rumah Warna Biru ala Feng Shui

Rabu, 04 Mei 2022 | 13:45 WIB   Reporter: Kania Paramahita
 Kalem dan Sejuk, Ini Tips Dekorasi Rumah Warna Biru ala Feng Shui


KONTAN.CO.ID - Dalam feng shui, warna tidak hanya berfungsi sebagai pemanis rumah, tapi juga memiliki peranan yang cukup penting.

Sebab, ada beberapa warna dalam feng shui yang mengandung makna tertentu, sehingga dapat mempengaruhi energi di dalam rumah.

Salah satunya adalah warna biru. Walaupun warna yang satu ini biasanya dikaitkan dengan kesan sejuk dan segar, sebenarnya warna biru masih memiliki beragam makna dalam feng shui. Oleh karena itu, penggunaannya pun perlu diperhatikan supaya sesuai dengan prinsip feng shui.

Jadi, bagaimana cara menggunakan warna biru pada dekorasi rumah ala feng shui? Berikut penjelasannya.

Makna warna biru dalam feng shui

Dalam feng shui, warna biru memiliki makna yang cukup beragam.

Mengutip The Spruce, warna biru yang lebih cerah dan warna biru kehijauan melambangkan elemen kayu yang berkaitan dengan pertumbuhan, vitalitas, dan kasih sayang.

Sementara itu, warna biru yang gelap seperti navy blue melambangkan elemen air. Dalam feng shui, warna biru gelap dipercaya dapat membantu Anda meningkatkan hubungan keluarga dan memperbaiki fokus untuk belajar dan bekerja.

Lokasi yang disarankan untuk warna biru

Dilansir dari Love to Know, warna biru yang melambangkan elemen air cocok digunakan di sisi utara rumah Anda.

Menurut feng shui, sisi utara rumah Anda berkaitan dengan aspek karier dalam hidup. Jadi, jika home office atau area kerja di rumah Anda berada di sisi utara, cobalah untuk mendekorasinya dengan warna biru.

Namun, jangan khawatir jika home office Anda tidak berada di sisi utara rumah. Anda masih tetap bisa menggunakan warna biru, misalnya pada dinding atau pernak-pernik home office.

Selain itu, berikut beberapa lokasi yang disarankan untuk warna biru:

  • Sisi timur dan tenggara rumah: kombinasikan dengan warna hijau dan coklat untuk memperkuat elemen kayu di sisi rumah ini.
  • Sisi barat dan barat laut rumah: kombinasikan dengan warna elemen logam seperti putih, emas, atau perak. Supaya energi dari elemen air tidak berlebihan, pastikan warna-warna elemen logam lebih dominan di area ini.

Baca Juga: Tinggal di Rumah Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada, Yuk Simak!

Lokasi yang harus dihindari warna biru

Sementara itu, ada beberapa lokasi atau area yang sebaiknya dihindari oleh warna biru karena dapat merusak energi di area tersebut, seperti:

  • Sisi selatan rumah, karena berkaitan dengan elemen api yang dapat dimatikan oleh elemen air.
  • Sisi barat daya dan timur laut rumah, karena berkaitan dengan elemen tanah yang dapat merusak elemen air.

Walaupun sebaiknya dihindari, sebenarnya Anda masih tetap bisa menggunakan warna biru di kedua area tersebut. Syaratnya, gunakan warna biru dalam jumlah yang sangat terbatas, misalnya hanya pada pernak-pernik ruangan.

Nah, itulah penjelasan mengenai penggunaan warna biru pada dekorasi rumah menurut feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru