Gadget

Kamera DSLR dan Mirrorless Nikon kini bisa dipakai sebagai pengganti webcam

Senin, 10 Agustus 2020 | 15:54 WIB   Reporter: Handoyo
Kamera DSLR dan Mirrorless Nikon kini bisa dipakai sebagai pengganti webcam

ILUSTRASI. Nikon D850 - Dokumentasi dari .nikon.co.id

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pemilik kamera DSLR dan mirrorless buatan Nikon kini bisa menggunakan kameranya sebagai pengganti webcam untuk video conferencing dan live streaming. Dengan aplikasi Nikon Beta Webcam Utility (versi 0.9.0) yang baru dirilis, hal itu bisa dilakukan tanpa butuh capture card terpisah. 

Kualitas video dari kamera DSLR dan mirrorless tentu akan lebih tinggi dibanding kebanyakan webcam. Nikon mengikuti jejak pabrikan kamera lain, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic, yang telah lebih dulu merilis aplikasi serupa untuk produk kamera masing-masing. 

Nikon Beta Webcam Utility memungkinkan pengguna menancapkan kamera ke komputer lewat port USB. Selanjutnya, tinggal pilih "Webcam Utility" sebagai sumber video di aplikasi telekonferensi atau live streaming untuk menampilkan gambar tangkapan kamera. 

Baca Juga: Inilah pilihan kamera DSLR bagi pemula, Canon EOS 850D. Simak spesifikasinya!

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Senin (10/8/2020), perlu ditambahkan bahwa tak semua kamera Nikon bisa dipakai sebagai webcam dengan utility ini. 

Nikon Beta Webcam Utility kompatibel dengan semua model mirrorless sang pabrikan, termasuk model terbaru seperti Z5, berikut DSLR NikonD6, D850, D780, D500, D7500, dan D5600. Model DSLR entry-level D3500 tidak masuk daftar kompatibilitas, demikian juga dengan kamera saku dari jajaran Coolplx. 

Nikon juga memberi catatan tentang beberapa persoalan yang mungkin muncul ketika menggunakan DSLR atau mirrorless sebagai webcam, misalnya temperatur kamera yang meningkat apabila dipakai berlama-lama, serta baterai yang cepat habis. 

Baca Juga: Ini kamera berkelas untuk fotografi dan videografi. Simak harga dan spesifikasinya!

Untuk saat ini, Nikon Beta Webcam Utility baru tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows 10. Aplikasi tersebut bisa diunduh di tautan berikut. Pihak Nikon mengatakan bahwa dukungan untuk platform macOS akan menyusul di kemudian waktu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kamera DSLR dan Mirrorless Nikon Kini Bisa Dipakai Video Call"

Editor: Handoyo .


Terbaru