Kaum milenial diharapkan tertarik wisata ke taman tekreasi

Sabtu, 16 Maret 2019 | 13:02 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kaum milenial diharapkan tertarik wisata ke taman tekreasi


WISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta para pengelola taman rekreasi yang tergabung dalam Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia (ARKI) menerapkan "strategic alliance" dan menjadikan milenial sebagai target pasar. Cara ini diharap bisa lebih banyak terjaring wisatawan mancanegara (wisman).

"Salah satu cara ARKI untuk meningkatkan wisman adalah dengan menerapkan "strategic alliance" bersama para pemangku kepentingan pariwisata lainnya. Cara lain, dengan memikirkan desain taman rekreasi keluarga yang menyasar target milenial. Untuk itu, taman rekreasi tersebut harus memenuhi kebutuhan milenial yaitu keinginan agar diakui," jelas Menpar dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (16/3).

Menpar menilai milenial merupakan target pasar yang potensial dan tepat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air.

"Hal ini dikarenakan 50% wisman yang datang ke Indonesia adalah milenial, terutama wisman dari Asia. Karakter mereka senang mendatangi tempat yang beda dan belum pernah didatangi teman-temannya," beber Menpar.

Menpar menjelaskan bagi wisatawan mancanegara daya tarik wisata "man-made" masih kurang bila dibandingkan wisata alam dan budaya Indonesia. 

"Wisata 'man-made' di Indonesia masih lemah untuk menjadi daya tarik wisman. Hanya 5% wisman yang memilih 'man-made' sebagai pilihan berwisata di Indonesia. Mayoritas wisatawan mancanegara memilih berkunjung ke Indonesia untuk melihat wisata alam maupun budaya," jelasnya.

Persentase sumbangan taman rekreasi dari 5% wisatawan mancanegara yang memilih "man made" juga masih sangat kecil. "Sumbangan dari taman rekreasi hanya 0,75% dari angka 5% tersebut," jelas Menpar.

Menurut Ketua DPP Arki, Taufik A. Wumu, walaupun belum menjadi primadona bagi wisatawan asing, namun pertumbuhan taman rekreasi "man-made" di Indonesia cukup besar.

"Pertumbuhan rekreasi 'man-made' mencapai 10-20% di Indonesia. Total kunjungan ke taman rekreasi 'man-made' di Indonesia mencapai 100 juta per tahun dan kontribusi tenaga kerja mencapai 50 ribu pertahun," ujar Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru