Kawasan Bandara Kertajati Akan Selenggarakan Ajang Balap Motorsport Fest 2022

Selasa, 21 Desember 2021 | 19:28 WIB   Reporter: Khomarul Hidayat
Kawasan Bandara Kertajati Akan Selenggarakan Ajang Balap Motorsport Fest 2022

ILUSTRASI. Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, IMI Jabar dan pengelola Bandara Kertajati akan menyelenggarakan event Kertajati Motorsport Fest 2022.


KONTAN.CO.ID - MAJALENGKA. Tak hanya sebagai bandar udara, kawasan Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati  juga akan dijadikan arena balap. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, pada Maret 2022 nanti IMI Jawa Barat bersama pengelola Bandara Kertajati akan menyelenggarakan event Kertajati Motorsport Fest 2022.

Ini melanjutkan kesuksesan event URO DRC Jabar Championship 2021 yang diselenggarakan di kawasan BIJB Kertajati pada November 2021. 

Kata Bambang, URO DRC Jabar Championship 2021 menggelar dua balapan, Drag Race dan Drag Bike, sepanjang 201 meter, diikuti lebih dari 800 pembalap dari seluruh Indonesia yang bertanding di 25 kelas.

"Maka untuk Kertajati Motorsport Fest 2022, harus ditingkatkan menjadi lima balapan dalam satu penyelenggaraan. Antara lain road race, drag race, drifting, slalom, dan sprint rally," ujar Bamsoet di Majalengka seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12). 

Baca Juga: Anies Baswedan ungkap skema kolaborasi Formula E, ada Bamsoet & siap lapor ke Jokowi

Turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Penasehat Dumoly Pardede, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, serta Ketua IMI Jawa Barat Fachrul Sarman. 

Hadir pula President Director PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, CEO Group Asia Cargo Airlines Marco Isaak, Director of Air Operations Asia Cargo Airlines Capt. Atiq M Amin, Direktur PT BIJB Kertajati Muhammad Singgih, President Director PT JNE Mohamad Feriadi, Direktur JNE Chandra Fireta, Direktur JNE Edi Santoso, dan Kepala Bappeda Jawa Barat Ferry Sofwan Arif. 

Bambang menjelaskan, lahan di kawasan BIJB Kertajati sangat potensial dikembangkan untuk menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap otomotif. Selain memberikan nilai tambah ekonomi, baik bagi pengelola BIJB Kertajati dan masyarakat sekitar, event Kertajati Motorsport Fest 2022 juga menjadi ajang pembinaan bakat bagi para pembalap muda di kawasan Jawa Barat. 

"Ditargetkan event ini bisa diikuti hingga seribu pembalap yang berasal dari 75 tim dari berbagai daerah. Perputaran uang yang dihasilkan bisa mencapai Rp 1 hingga Rp 2 miliar. Menghidupi aktifitas penginapan, kuliner, jasa transportasi, hingga berbagai produksi industri kerajinan," jelas Bamsoet. 

Jalan tol akses BIJB Kertajati sepanjang 3,38 kilometer telah resmi beroperasi mulai Senin (20/12/2021). Menghubungkan BIJB Kertajati dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dimulai dari KM 158+700. Nantinya juga terkoneksi dengan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), yang akan memangkas perjalanan darat Bandung - BIJB Kertajati yang tadinya 2 jam bisa menjadi 45 menit. 

"Semakin mempermudah aksesibilitas menuju BIJB Kertajati. Sehingga tahun depan BIJB Kertajati harus hidup kembali, baik melalui kegiatan balap maupun dengan berbagai aktifitas penerbangan penumpang reguler, kargo, hingga jamaah haji dan umroh," imbuh Bamsoet.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo selamat dari kecelakaan saat lomba reli mobil di Meikarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru