Kegunaan Yoghurt Menurut Medis, Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Kamis, 23 Februari 2023 | 18:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kegunaan Yoghurt Menurut Medis, Bagus Untuk Kesehatan Jantung


KESEHATAN - Mengonsumsi yoghurt sangat baik untuk kesehatan. Ada segudang manfaat yoghurt bagi kebaikan tubuh. Kegunaan yogurt pun sangat banyak, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan pencernaan di saluran usus.

Yoghurt adalah produk olahan susu yang kemudian difermentasi dengan bantuan bakteri.

Bakteri yang kerap digunakan untuk pembuatan yoghurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Baca Juga: Kisah dan Kekayaan Pendiri Cimory Sebagai Orang Terkaya di Indonesia 2022

Proses fermentasi ini kemudian menimbulkan rasa asam pada susu. Hal ini lantaran bakteri tersebut membantu fermentasi gula alami dalam susu yang disebut laktosa yang kemudian menghasilkan asam laktat yang teksturnya bersifat kental. 

Meski begitu, yoghurt aman dikonsumsi, bahkan manfaat yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terlebih apabila dikonsumsi secara teratur.

Yoghurt juga bisa dibuat dari semua jenis susu, dan mayoritas susu sapi murni. Namun saat ini, banyak produk yoghurt yang memakai susu skim karena dianggap rendah lemak. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Apa Saja?

Manfaat Yoghurt

Nah, berikut ini sederet manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan seperti dirangkum dari Healthline:

1. Kaya akan nutrisi penting

Manfaat yoghurt yang utama adalah sumber nutrisi yang bagus. Yoghurt mengandung hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Yoghurt dikenal mengandung banyak kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Kegunaan yoghurt juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi dari penyakit jantung.

Baca Juga: Catat, Ini Beragam Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Yoghurt juga kaya akan fosfor, magnesium, dan potasium. Mineral tersebut penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

Salah satu nutrisi yang tidak dikandung yoghurt secara alami adalah vitamin D, tetapi produk yoghurt saat ini umumnya sudah diperkaya dengan vitamin ini dari bahan tambahan.

Dengan banyaknya nutrisi vitamin dan mineral, banyak sekali manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 9 Obat Alami Sariawan tanpa Harus ke Apotik

2. Tinggi protein

Manfaat yoghurt berikutnya yakni kaya protein. Yoghurt memberikan jumlah protein yang mengesankan, dengan sekitar 12 gram per 8 ons (227 gram).

Protein terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari.

Mendapatkan cukup protein juga penting untuk mengatur nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. 

Yoghurt Yunani bisa memengaruhi nafsu makan dan menunda rasa lapar lebih dari produk susu lainnya seperti susu murni atau susu skim.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Kadar Gulanya Tinggi, Terlarang Bagi Penderita Diabetes

3. Pencernaan sehat

Beberapa jenis yoghurt mengandung bakteri hidup atau probiotik. Ini membuat manfaat yoghurt sangat banyak. 

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala sindrom iritasi usus (IBS) kelainan umum yang memengaruhi usus besar.

Studi lain menemukan bahwa yoghurt dengan Bifidobacteria memperbaiki masalah pencernaan. Selain itu, beberapa penelitian terkait manfaat yoghurt menemukan bahwa probiotik dapat melindungi dari diare dan sembelit terkait antibiotik.

Baca Juga: Kadar Gula Tinggi, Ini 11 Makanan dan Minuman yang Harus Dijauhi Penderita Diabetes

4. Kekebalan tubuh

Manfaat yoghurt juga terkait dengan imun. Mengonsumsi yoghurt secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Probiotik diketahui berpotensi mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.

Penelitian terkait kegunaan yoghurt menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, probiotik juga dapat membantu mengurangi keparahan flu biasa.

Selain itu, manfaat yoghurt tersebut karena kandungan magnesium, selenium, dan seng yang merupakan mineral penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan yang Bisa Bikin Gejala Asam Lambung Keok dari Kemenkes

5. Kesehatan jantung

Manfaat yoghurt juga berkaitan erat dengan kesehatan jantung. Ada banyak jenis yoghurt bebas lemak dan rendah lemak di berbagai negara.

Pola makan yang mengandung lemak jenuh dari produk susu, seperti yoghurt, tidak akan memberikan hasil yang sama seperti lemak jenuh dari makanan cepat saji olahan. 

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Kentang untuk Wajah, Kulit Cerah dan Terhidrasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh dari produk susu murni meningkatkan kolesterol HDL (baik), yang dapat melindungi kesehatan jantung. 

Selain itu, produk susu seperti yoghurt dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

Baca Juga: Catat! Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Usus

6. Menguragi berat badan

Manfaat yoghurt dikaitkan dengan penurunan berat badan, persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang. Satu ulasan menemukan bahwa asupan produk susu penuh lemak, termasuk yoghurt, dapat mengurangi risiko obesitas.

Studi lain menemukan bahwa mereka yang makan yoghurt cenderung memiliki pola makan lebih baik secara keseluruhan daripada mereka yang tidak. Ini karena kandungan nutrisinya yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalorinya yang cukup rendah.

Itulah sederet manfaat yoghurt baik kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi produk probiotik ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru