Kekayaannya Menyusut, TP Rachmat Terlempar dari Daftar 10 Terkaya Indonesia

Minggu, 05 Februari 2023 | 06:05 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kekayaannya Menyusut, TP Rachmat Terlempar dari Daftar 10 Terkaya Indonesia

ILUSTRASI.


ORANG KAYA / TAIPAN -  JAKARTA. Harta kekayaan orang terkaya Indonesia yang memiliki bisnis batubara mengalami penurunan seiring dengan merosotnya harga si emas hitam tersebut. Selain orang terkaya Indonesia Low Tuck Kwong yang kekayaannya terus menyusut, ada taipan lainnya juga yang menderita penurunan kekayaan pada pekan ini.

Menguitp data dari The Real Time Forbes Billionaires List, per Jumat (3/2) harta kekayaan Theodore Permadi Rachmat atau dikenal TP Rachmat juga menyusut sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,48 triliun dalam sepekan menjadi US$ 3,1 miliar atau sekitar Rp 46,12 triliun dari pekan lalu yang sebesar US$ 3,2 miliar. 

Penurunan kekayaan ini membuat TP Rachmat terlempar dari daftar 10 orang terkaya Indonesia pekan ini versi Forbes. 

Posisi TP Rachmat digantikan Wijono & Hermanto Tanoko yang punya kekayaan bersih US$ 3,2 miliar.  Wijono berada diurutan ke-9 orang terkaya Indonesia. Sebelumnya posisi tersebut pada pekan lalu diisi TP Rachmat.

Baca Juga: Harta Kekayaan Low Tuch Kwong Terus Menyusut, Hartono Bersaudara Semakin Kaya

TP Rachmat merupakan pendiri dan pemilik Triputra Group yang memiliki perkebunan kelapa sawit. Mantan bos PT Astra International Tbk ini juga tercatat sebagai salah satu pemilik saham perusahaan batubara PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Mengutip data RTI Business, saham ADRO tercatat merosot 9,80% dalam sepekan terakhir ke level Rp 2.760 per saham.  Demikian juga saham milik TP Rachmat yakni PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) merosot 2,40% ke Rp 610 per saham dalam sepekan.

Kondisi ini menempatkan TP Rachmat di posisi ke-11 orang terkaya Indonesia pekan ini.

Sementara itu, harta kekayaan pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara semakin bertambah. Berdasarkan data yang sama, R.Budi Hartono semakin kaya dengan hartanya meningkat menjadi US$ 24,2 miliar atau bertambah US$ 300 juta dibandingkan pekan lalu US$ 23,9 miliar.

Demikian juga harta saudaranya Michael Bambang Hartono semakin kaya. Kekayaannya naik menjadi US$ 23,2 miliar atau bertambah US$ 200 juta dibandingkan pekan lalu yang sebesar US$ 23 miliar.

Salah satu perusahaan besar yang dimiliki Hartono Bersaudara yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang menyumbang sebagian besar dari kekayaan mereka tercatat stagnan di level Rp 8.700 per saham jika dibandingkan harga penutupan pekan lalu.

Baca Juga: Jadi Orang Terkaya Ketiga, Low Tuch Kwong Ancam Posisi Hartono Bersaudara

Berikut 10 orang terkaya Indonesia pada pekan ini per Jumat 27 Januari 2023

1. Low Tuch Kwong US$ 27,0 miliar
2. R.Budi Hartono US$ 24,2 miliar
3. Michael Hartono US$ 23,2 miliar
4. Sri Prakash Lohia US$ 8,0 miliar
5. Prajogo Pangestu US$ 5,5 miliar
6. Chairul Tanjung US$ 5,3 miliar
7. Djoko Susanto US$ 4,6 miliar
8. Tahir & Family US$ 4,4 miliar
8. Djoko Susanto US$ 4,3 miliar
9. Wijono & Hermanto Tanoko US$ 3,2 miliar
10. Martua Sitorus US$ 3,2 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru