Kekurangan Motor Listrik yang Penting Diketahui, Ada 5 Hal

Minggu, 19 Mei 2024 | 08:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kekurangan Motor Listrik yang Penting Diketahui, Ada 5 Hal

ILUSTRASI. Bersama PT Astra Honda Motor (AHM), PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, berpartisipasi dalam PEVS 2024. PEVS 2024 berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 30 April–5 Mei 2024.


MOTOR LISTRIK - Kekurangan motor listrik adalah salah satu hal yang penting diketahui. Pasalnya, kekurangan motor listrik bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli kendaraan listrik tersebut.

Sehingga, Anda bisa membandingkan kekurangan dan kelebihan motor listrik dengan motor pada umumnya.

Motor listrik telah menjadi sorotan dalam industri transportasi modern, menawarkan solusi ramah lingkungan dan efisien energi untuk mobilitas kita sehari-hari. 

Baca Juga: Manfaat Kapulaga Untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 8 Khasiat Penting

Melansir dari Slash Gear, topik yang sering menjadi sorotan terkait kendaraan listrik adalah jangkauan. Hal ini terutama berlaku untuk motor listrik, karena mesin yang lebih kecil tidak memungkinkan baterai sebesar baterai pada kendaraan roda empat.

Selain itu, berikut beberapa kekurangan motor listrik yang penting diketahui:

1. Jarak Tempuh yang Terbatas

Salah satu tantangan utama motor listrik adalah keterbatasan jarak tempuh per pengisian baterai. Meskipun terus ada peningkatan dalam teknologi baterai yang meningkatkan jangkauan, masih ada batasan praktis. Hal ini terutama menjadi perhatian dalam perjalanan jarak jauh, di mana infrastruktur pengisian belum sepenuhnya tersedia.

Baca Juga: Cara Mengobati Diare Anak, Coba 6 Obat Diare Alami Berikut

2. Waktu Pengisian yang Lebih Lama

Meskipun teknologi pengisian cepat sedang dikembangkan, pengisian baterai motor listrik biasanya memakan waktu lebih lama daripada mengisi bahan bakar kendaraan konvensional. Proses pengisian yang lambat ini dapat menjadi hambatan bagi pengguna yang membutuhkan mobilitas cepat atau memiliki jadwal yang padat.

3. Biaya Awal yang Lebih Tinggi

Meskipun motor listrik pada akhirnya dapat menghemat uang melalui pengurangan biaya bahan bakar dan pemeliharaan yang lebih rendah, biaya awal untuk membeli motor listrik seringkali lebih tinggi daripada kendaraan bermesin pembakaran internal pada umumnya. Ini bisa menjadi penghalang bagi konsumen yang mengutamakan harga beli yang lebih rendah.

4. Ketergantungan pada Infrastruktur Pengisian

Ketersediaan infrastruktur pengisian yang memadai masih menjadi tantangan bagi motor listrik. Meskipun banyak negara sedang meningkatkan jaringan pengisian mereka, masih ada daerah yang kurang dilayani. Ini dapat menyulitkan pengguna motor listrik, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan atau terpencil.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Cacingan Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

5. Penggunaan Sumber Daya Langka

Produksi baterai untuk motor listrik melibatkan penggunaan sumber daya langka, seperti lithium dan kobalt. Permintaan yang meningkat untuk motor listrik telah memunculkan kekhawatiran tentang dampak lingkungan dari ekstraksi dan pemrosesan sumber daya ini. Selain itu, masalah ketersediaan sumber daya tersebut juga dapat mempengaruhi stabilitas pasokan dan harga.

Meskipun motor listrik memiliki kelemahan-kelemahan ini, terus berkembangnya teknologi dan kesadaran akan keberlanjutan memperkuat posisi mereka sebagai alternatif yang menjanjikan untuk transportasi masa depan. Dengan penelitian dan investasi yang terus-menerus, banyak kelemahan ini dapat diatasi, membawa kita menuju sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Selanjutnya: Jadwal MPL S13 Week 9 Day 3, Hasil Akhir yang Lolos Playoff Akan Terjawab Hari ini

Menarik Dibaca: Ubi vs Kentang, Ini lo Jenis Karbohidrat yang Baik untuk Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru