Kemarin, api Asian Games 2018 sudah tiba di Desa Sebak Semung Bali

Rabu, 25 Juli 2018 | 09:35 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kemarin, api Asian Games 2018 sudah tiba di Desa Sebak Semung Bali


ASIAN GAMES - JAKARTA. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerima api Asian Games 2018 di Desa Wisata Sebak Semung, Selasa (24/7). Sebelum diterima Menpar Arief, api Asian Games ini sebelumnya dibawa oleh Bupati Gianyar yang malam sebelumnya telah menginap di Istana Tampak Siring. Obor api Asian Games ini selanjutnya dibawa torch relay menuju Renon dan GWK.

Menurut Menpar Arief, torch relay api Asian Games ini adalah momentum tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. “Momentum ini harus dimanfaatkan karena momen ini tidak terjadi dua kali. Misalnya Desa Sebak Sembung, ini kan desa wisata yang kemudian kedatangan api Asian Games. Banyak pejabat datang, menteri juga datang. Artinya, desa ini harus viral, harus diketahui banyak orang. Apalagi banyak media yang datang kesini,” kata Menpar Arief dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (25/7).

Menpar Arief kemudian memberikan api tersebut kepada Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Menpar Arief juga sempat melakukan penanaman pohon di Desa Sebak Sembung.

Api Asian Games yang tiba di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandi, Renon disambut dengan sejumlah kesenian budaya. Obor ini selanjutnya dibawa oleh sebelas pelari menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk diinapkan semalam dan melanjutkan perjalanan di kota selanjutnya, yaitu Mataram, NTB.

Arief Yahya yakin bahwa penyelenggaraan Asian Games sangat berdampak. "Kalau ada 170 ribu orang datang ke Indonesia, maka dampak ekonomi yang didapat sekitar Rp 3 triliun lebih. Itu direct impact-nya. Tapi untuk sport tourism seperti ini, yang besar indirect impact-nya, dari media value-nya dua kali lipat jadi bisa mencapai Rp 6 triliun," kata Menpar Arief.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru