Kemenpar gelar sales mission Danau Toba di Semarang

Sabtu, 29 September 2018 | 22:02 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kemenpar gelar sales mission Danau Toba di Semarang

ILUSTRASI. Panorama Danau Toba dari Menara Pandang Tele, Samosir


PAMERAN WISATA - JAKARTA. Melanjutkan kesuksesan Sales Mission Danau Toba yang digelar sebelumnya di Yogyakarta dan Surabaya, Kementerian Pariwisata (Kempar) kembali menggelar Sales Mission Danau Toba di Semarang tepatnya Mall Paragon pada 28 - 30 September 2018. Sama seperti penyelenggaraan Sales Mission sebelumnya, acara yang digelar di Semarang ini juga menyasar warga kota Semarang untuk berkunjung ke Danau Toba.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh menyebutkan, Sales Mission kali ini mengangkat tema "I Love Danau Toba" karena Danau Toba merupakan destinasi prioritas yang memiliki beragam atraksi alam dan budaya.

"Semarang dipilih sebagai salah satu wilayah promosi karena memiliki kedekatan budaya dengan Sumatera Utara dan berpotensi mendatangkan wisatawan ke Sumatera Utara khususnya Danau Toba," kata Masruroh dalam keterangan yang diterima KONTAN, Sabtu (29/9).

Penyelenggaraan Sales Mission kali ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni daerah, cooking class masakan khas Sumatera Utara, serta penampilan artis asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir.

Pada penyelenggaraan Sales Mission di Yogyakarta dan Surabaya, jumlah transaksi pada table top mencapai Rp 8,7 miliar dan Rp 9,3 miliar. Promosi destinasi wisata tersebut diikuti oleh 30 sellers industri gabungan dari Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara yang menawarkan Destinasi Toba sebagai produk mereka dan 70 buyers industri dari Semarang.

Tahun ini, target kunjungan wisatawan termasuk wisman dan wisnus ke Danau Toba sebanyak 12 juta wisatawan, sementara sumbangan wisatawan dari Jawa Tengah yakni 45 ribu wisatawan. Mengenai akses, sampai saat ini memang belum ada penerbangan langsung dari Semarang ke Danau Toba. Namun, wisatawan bisa memilih rute Semarang - Jakarta - Danau Toba melalui Bandara Silangit.

Selain itu, pembangunan jalan tol menuju Bandara Silangit juga mempercepat akses dalam dan luar kota di Danau Toba dan sekitarnya. "Akses di Danau Toba sudah siap. Daerah ini nyaman untuk wisatawan," sambung Ketua ASITA Sumut, Solahudin Nasution.

Tentang paket wisata favorit, Solahudin menyebut bahwa paket wisata favorit di Danau Toba yakni paket 4 hari 3 malam dengan mengemas destinasi wisata di Medan, Parapat, dan Berastagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru