Kempar akan terapkan kurikulum berstandar global untuk sekolah tinggi pariwisata

Selasa, 05 Februari 2019 | 12:19 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kempar akan terapkan kurikulum berstandar global untuk sekolah tinggi pariwisata


WISATA - JAKARTA. Kementerian Pariwisata akan menerapkan kurikulum berstandar global untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pariwisata di seluruh Indonesia.

“Kalau ingin menjadi pemain global, maka kita harus menggunakan standar global. Caranya membangun sekolah tinggi pariwisata (STP) berkelas dunia, saya punya jurus 3C yaitu curriculum, certification, center of excellence,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan resminya Selasa (5/2).

Arief juga menjelaskan, untuk menjadi kelas dunia maka PTN Pariwisata yang dikelola Kempar harus memiliki kurikulum yang berstandar global baik dari sisi lulusan, dosen, dan institusinya.

Seluruhnya harus disertifikasi oleh lembaga global dan prestisius, di samping setiap PTN Pariwisata harus mampu memainkan peran sebagai pusat-pusat keunggulan (center of excellence) bagi bidang spesialisasinya masing-masing.

“Acuannya, standar global dan berkelas regional international pada Tedqual UNWTO sekaligus pada enam UPT Sekolah Tinggi Pariwisata. Ini fungsinya sebagai certification dan menjadi upaya untuk menaikan kapasitas dosen,” kata Arief.

Di sisi lain, juga memuat fungsi English Learning Center hingga pembelajaran wirausaha bagi para profesional di industri pariwisata. Hal itu dapat diwujudkan dengan menggandeng beberapa kampus ternama baik di dalam dan luar negeri yang telah membuka jalur kerjasama dengan universitas ternama dari Australia, Amerika, Inggris, Jerman, Swiss, Jepang, Hongkong, dan Malaysia.

"Penjajakan dengan beberapa perguruan tinggi asing di Australia akan segera dilakukan. Kelas internasional ini akan dibuka untuk program Diploma 3, Diploma 4, dan Strata 1. Targetnya pada kuartal pertama sudah di launching,” ujar Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru