Kempar membangun rumah telur demi mengincar nomadic tourism

Senin, 25 Juni 2018 | 21:11 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Kempar membangun rumah telur demi mengincar nomadic tourism

ILUSTRASI. Kemenpar Bangun Rumah Telur di Ulun Danau Beratan


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Resmi diputuskan Maret 2018 lalu nampaknya membuat Kementerian Pariwisata kian gencar menerapkan konsep Nomadic Tourism guna mendongkrak jumlah amenitas pariwisata.

Untuk penerapannya, kali ini Kemenpar tengah membangun amenitas yang sifatnya bisa berpindah-pindah yakni Homepod.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengatakan Homepod merupakan homestay atau rumah desa yang berbentuk telur dan sifatnya dapat dibongkar pasang atau semi-fixed.

"Konsep homepod ini sudah dibangun di pinggir Danau Beratan, Kabupaten Tabanan, Bali dan sudah diperkenalkan pada event Ulun Danu Baratan Art Festival IV kemarin," ujarnya dalam siaran pers, Senin (25/6).

Menurutnya, material homepod ini menggunakan bambu yang terdiri dari dua lantai dan sangat cocok ditempati satu keluarga.

"Homepod ini juga kami harapkan agar dapat mendekatkan wisatawan dengan alam," ujarnya.

Selain itu, tambah Pitana untuk pembangunan satu unit homepod memakan biaya sebesar Rp 150 juta dan angka ini tidak mahal untuk nomadic tourism.

"Satu unit Rp 150 juta dan itu sudah termasuk genset, jadi masih terbilang tidak mahal dan sebagai pencontohan pembangunan homestay di Ulun Danu Daratan di danai oleh Kempar," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru