Kenali 4 Perbedaan Cover Letter dan CV untuk Melamar Kerja

Kamis, 09 November 2023 | 10:51 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kenali 4 Perbedaan Cover Letter dan CV untuk Melamar Kerja

ILUSTRASI. Kenali 4 Perbedaan Cover Letter dan CV untuk Melamar Kerja. KONTAN/Fransiskus Simbolon/26/11/2010


MENCARI KERJA - JAKARTA. Kenali perbedaan cover letter dan CV saat melamar kerja. Dokumen lamaran kerja tentu penting untuk merepresentasikan profil dari pelamar.

Cover letter (surat lamaran kerja) dan CV (curriculum vitae) adalah dua dokumen yang umumnya disertakan saat mengajukan lamaran pekerjaan.

Fungsi dari keduanya memiliki tujuan dan isi yang berbeda dengan beberapa poin perbedaan yang tentu wajib dipahami pelamar.

Perbedaan dari kedua dokumen ini bisa dilihat baik dari tujuan, isi dokumen hingga kapan digunakan dokumen tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Mengirim Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

Perbedaan Cover letter dan CV

JAKARTA JOB FAIR

Untuk itu, kenali lebih dekat beberapa perbedaan cover letter dan CV untuk melamar pekerjaan dirangkum dari laman Enhave CV.

1. Tujuan penggunaan dokumen saat melamar

Cover Letter dokumen ini digunakan untuk menyampaikan informasi lebih rinci tentang diri Anda, mengapa tertarik pada posisi yang dilamar, dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

Sehingga ini memberikan kesempatan pelamar untuk menonjolkan keterampilan, pengalaman, dan motivasi Anda.

CV bisa digunakan sebagai rangkuman daftar riwayat hidup yang memberikan gambaran singkat tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi akademis atau profesional Anda.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Perlu Diwaspadai, Pencari Kerja Cermati!

2. Isi dokumen lamaran

Cover Letter lebih berfokus pada penjelasan mengapa Anda memenuhi kriteria posisi yang dilamar. Anda dapat menyoroti prestasi, keterampilan, dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan.

Sedangkan, CV lebih menyajikan informasi secara singkat dan terstruktur tentang riwayat hidup Anda, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi.

3. Gaya Penulisan

Adapun, bagian kepenulisan Cover Letter bersifat lebih formal, tetapi tetap memungkinkan untuk menunjukkan kepribadian dan motivasi.

CV lebih bersifat fakta dan formal yang menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan terstruktur. Selain itu, CV memiliki beberapa format khusus yang berbeda dari setiap versi seperti Harvard hingga CV ATS.

4. Waktu yang tepat untuk penggunaan

Cover Letter dapat disertai bersama dengan lamaran pekerjaan dan CV untuk menjelaskan motivasi dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

CV juga menjadi dokumen penyerta bersama dengan cover letter dan memberikan ringkasan tentang pendidikan dan pengalaman pelamar.

Sekarang Anda memahami apa yang membedakan CV dan surat lamaran, dan bagaimana memanfaatkan masing-masing yang terbaik untuk keuntungan Anda.

CV merupakan dokumen ekstensif yang menunjukkan semua pengalaman, kualifikasi, keterampilan, dan informasi relevan lainnya untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Sedangkan, surat lamaran adalah dokumen yang lebih pribadi yang digunakan untuk memperkenalkan diri kepada manajer perekrutan, membuktikan semua bagian penting dari CV menggunakan contoh yang menarik, dan menunjukkan minat besar pada pekerjaan yang dilamar.

Dokumen ini menjadi penguat satu sama lain dengan baik, jadi pastikan Anda sudah melengkapi dokumen lamaran pekerjaan.

Itulah sederet informasi terkait perbedaan dari cover letter dan curriculum vitae yang wajib dipahami pelamar kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru