Kenali 6 Genre Fotografi yang Menarik Untuk Dipelajari, Apa Saja?

Rabu, 05 Juni 2024 | 09:38 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 6 Genre Fotografi yang Menarik Untuk Dipelajari, Apa Saja?

ILUSTRASI. Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia menghadirkan dua seri lensa super telephoto yang telah dinanti-nanti para pengguna kamera Canon mirrorless full-frame seri EOS R, yaitu lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM. Kedua lensa yang masuk lini lensa premium L series ini menjadi andalan para fotografer profesional yang mengutamakan kualitas gambar, performa dan daya tahan yang optimal saat memotret.


FOTOGRAFI - Ada banyak genre fotografi yang menarik untuk dipelajari dan diperdalam. Pasalnya, mempelajari genre fotografi juga bisa memperbanyak referesi visual khususnya bagi para pemula 

Fotografi sendiri adalah seni yang memadukan keterampilan teknis dengan ekspresi kreatif untuk menciptakan gambar visual yang kuat dan bermakna. 

Dalam dunia fotografi, terdapat beragam genre yang mencerminkan minat, gaya, dan tujuan fotografer. 

Baca Juga: Resmi Ke Real Madrid, Simak Profil Kylian Mbappe Dari Awal Karir

Melansir dari laman About Photography, genre fotografi adalah kategori atau gaya fotografi yang ditentukan oleh subjek atau tujuan gambar.

Lalu apa saja genre fotografi?

Berikut ada beberapa genre fotografi yang paling menonjol di antaranya:

1. Landscape Photography (Fotografi Pemandangan)

Fotografi pemandangan merupakan genre yang fokus pada keindahan alam dan lingkungan sekitar. Menurut para ahli, seperti Ansel Adams, seorang ikon dalam fotografi pemandangan, kekuatan utama dari genre ini terletak pada kemampuannya untuk merayakan keindahan alam dan memengaruhi kesadaran lingkungan.

Baca Juga: 5 Pemain Sepakbola Terkaya di Dunia Tahun 2024 yang Masih Aktif Bermain

2. Portrait Photography (Fotografi Potret)

Fotografi potret memusatkan perhatian pada manusia. Genre ini bukan hanya tentang menangkap penampilan fisik seseorang, tetapi juga tentang mengungkapkan kepribadian dan emosi subjek melalui gambar.

3. Street Photography (Fotografi Jalanan)

Fotografi jalanan mengabadikan kehidupan sehari-hari di tempat umum. Genre ini menuntut kepekaan terhadap momen yang lewat dengan cepat dan kemampuan untuk menangkap kehidupan yang autentik dan tidak terduga.

4. Fashion Photography (Fotografi Mode)

Fotografi mode menampilkan pakaian, aksesori, dan gaya hidup dengan fokus pada estetika dan komposisi visual. Fotografi mode merupakan kolaborasi antara fotografer, model, desainer, dan make-up artist untuk menciptakan narasi visual yang menarik.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan? Ada 7 Khasiat Penting

5. Wildlife Photography (Fotografi Satwa Liar)

Fotografi satwa liar menyoroti kehidupan hewan di habitat alaminya. Genre ini membutuhkan kesabaran, keahlian teknis, dan pemahaman mendalam tentang perilaku hewan untuk menangkap momen-momen yang unik dan menginspirasi.

6. Documentary Photography (Fotografi Dokumenter)

Fotografi dokumenter bertujuan untuk merekam kehidupan sehari-hari, peristiwa sejarah, atau isu-isu sosial dengan tujuan mendokumentasikan realitas yang ada. Menurut Dorothea Lange, seorang fotografer dokumenter terkenal, genre ini memiliki kekuatan untuk memicu perubahan sosial melalui visualisasi masalah-masalah yang relevan.

Setiap genre fotografi memiliki ciri khasnya sendiri dan menyediakan platform yang unik bagi fotografer untuk mengekspresikan diri mereka. Dengan menggabungkan teknik fotografi yang solid dengan visi artistik mereka, para fotografer dapat menciptakan karya-karya yang memukau dan bermakna bagi penonton mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru