kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Keren, ada orang Indonesia masuk dalam 100 Perempuan Berpengaruh Dunia versi BBC


Kamis, 17 Oktober 2019 / 16:36 WIB

Keren, ada orang Indonesia masuk dalam 100 Perempuan Berpengaruh Dunia versi BBC
ILUSTRASI. Logo BBC di luar Broadcasting House di London, Inggris, 19 Juli 2017.

KONTAN.CO.ID - LONDON. Seorang wanita Indonesia masuk dalam daftar 100 Perempuan Berpengaruh Dunia 2019 versi media Inggris BBC. Swietenia Puspa Lestari berada dalam daftar lantaran perannya sebagai pendiri Yayasan Divers Clean Action (DCA).

DCA merupakan organisasi yang fokus kepada isu sampah di lautan, dengan visi menciptakan peta sampah laut modern di Indonesia sebagai data untuk mengambil tindakan terhadap polusi laut. Saat ini, mengutip laporan BBC, Rabu (16/10), mereka punya sekitar 1.500 penyelam yang berpartisipasi, baik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Swietenia Puspa Lestari juga menyebarkan kampanye #nostrawmovement di Indonesia, yang bertujuan menguransi sedotan plastik di 700 restoran. Berdasarkan pemberitaan situs www.greeners.co, perempuan yang akrab disapa Tenia ini sudah melakukan 1.000 penyelaman di berbagai lokasi.

Baca Juga: Bila Susi tak jadi menteri kelautan dan perikanan lagi...

Dari pengalaman sebanyak itu, Tenia yang mendapatkan lisensi menyelam sejak kelas 1 SMP menuturkan, dia jadi mengetahui pentingnya laut bebas dari sampah. Jika laut penuh sampah, maka ekosistem dan ikan di dalamnya bakal tercemar.

Apalagi, banyak masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidup dari laut. Tenia pun mempelajari masalah konservasi laut di Amerika Serikat (AS).

Di negeri uak Sam, dia mempelajari cara mapping, clean up, dan campaign terarah. Sepulang dari AS, Tenia dan dua temannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga punya keresahan yang sama mendirikan Yayasan DCA.


Reporter: kompas.com
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×