HOME

Keseruan bermain air di Pantai Pasir Putih Parbaba

Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:14 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Keseruan bermain air di Pantai Pasir Putih Parbaba

Pantai Pasir Putih Parbaba di Pulau Samosir

KONTAN.CO.ID - PANGURURAN. Pelesiran ke Pulau Samosir, selain keelokan Danau Toba berpadu bentangan perbukitan, ada juga wisata pantai. Meski bukan pantai di pinggir laut, Pantai Pasir Putih Parbaba tak kalah menarik, loh.

Lokasinya ada di Desa Parbaba Dolok, Kabupaten Samosir, sekitar 40 menit dari Tuktuk Siadong atau 20 menit dari Pangururan, Ibu Kota Kabupaten Samosir. Papan bertuliskan Pantai Pasir Putih Parbaba yang ada di pinggir Jalan Raya Simanindo menjadi penunjuk.

Begitu masuk kawasan pantai, pengunjung langsung mendapat suguhan Danau Toba berlatar perbukitan hijau. Pengunjung bisa memanjakan kaki dengan berjalan-jalan di atas pasir sembari menikmati pemandangan pantai.

Tentu, tak lengkap bila tidak menceburkan diri ke danau. Deburan ombak di Pantai Pasir Putih Parbaba tentu sangat kecil, sehingga cukup aman untuk bermain air. Tapi, tidak boleh melewati zona aman, ya.

Selain itu, pengunjung bisa melakukan keseruan permainan air. "Ada banana boat, donat boat," kata Gita Boru Siringoringo, petugas penyewaan permainan air di Pantai Pasir Putih Parbaba, kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019, Sabtu (10/8) lalu.

Tarifnya, Rp 250.000 per permainan. Untuk banana boat, dengan tarif tersebut, maksimal delapan orang bisa naik ke wahana itu. Sedang donat boat muat empat hingga lima orang. "Banana boat dan donat boat mutar sampai jatuh empat kali, itu durasinya," imbuh Gita.

Satu lagi, pengunjung bisa mengelilingi perairan Pantai Pasir Putih Parbaba menggunakan speed boat, dengan biaya juga Rp 250.000. Jarak tempuh berkeliling dengan speed boat adalah 12 kilometer.

Ria Simanjuntak, wisatawan asal Medan, menyebutkan, pantai ini sudah cukup baik. Hanya ada satu masukan darinya, ada penambahan spot swafoto alias selfie. "Makanan di sini juga murah dan beragam," ujarnya.

Jadi, kalau ke Samosir, masukkan juga Pantai Pasir Putih Parbaba dalam daftar destinasi Anda. Apalagi, untuk masuk ke kawasan pantai ini gratis, tidak ada pungutan biaya tiket.


Editor: Yudho Winarto


Terbaru