Ketahui, 6 Cara Agar Tidak Cepat Haus Saat Puasa, Dijamin Kuat Seharian!

Rabu, 06 April 2022 | 11:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ketahui, 6 Cara Agar Tidak Cepat Haus Saat Puasa, Dijamin Kuat Seharian!

ILUSTRASI. Cara tidak cepat haus saat puasa.


KONTAN.CO.ID - Puasa adalah menahan berbagai hawa nafsu termasuk rasa haus dan lapar dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari selama bulan Ramadan.

Bagi sebagian orang rasa haus adalah salah satu tantangan yang cukup sulit saat menjalankan ibadah puasa. Namun tenang, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, menjaga cairan tubuh juga hal yang penting untuk dilakukan saat berpuasa. Pasalnya, jika cairan tubuh tercukupi dengan baik, di siang hari Anda tidak akan cepat merasa haus dan kuat menjalankan puasa seharian.

Baca Juga: 4 Makanan Sehat Untuk Sahur dan Diet Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Melansir dari EWFood, berikut cara agar tidak cepat haus saat puasa:

1. Minum Yogurt

Mengkonsumsi yogurt saat buka puasa atau sahur adalah salah satu cara agar Anda tidak cepat haus di siang hari. Pasalnya, satu cangkir yoghurt mengandung 85% air. 

Selain itu yogurt juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalan puasa Ramadan.

2. Hindari Keringat Berlebihan

Cara menghindari rasa cepat haus selanjutnya yaitu dengan menghindari aktivitas fisik yang bisa mengeluarkan keringat berlebihan. Hal tersebut dikarenakan sangat memicu rasa haus saat menjalankan puasa.

3. Hindari Mengkonsumsi Kopi

Saat berbuka puasa atau sahur usahakan Anda menghindari kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi kafein dapat mengeluarkan cairan dari tubuh yang membuat Anda akan cepat haus saat menjalankan puasa di siang hari.

Jika Anda tidak dapat menghindari sepenuhnya maka setidaknya kurangi asupannya untuk 
membuat Anda tidak cepat haus saat puasa.

Baca Juga: Simak! 5 Tips Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes

4. Konsumsi Makanan atau Minuman Berair

Mengkonsumsi makanan atau minuman berair adalah cara efektif yang membuat Anda tidak cepat haus saat puasa.

Contohnya, Anda bisa mengkonsumsi semangka, timun, selada, tomat dan berbagai jenis makanan lain yang mengandung cairan dan baik untuk kesehatan lainnya. Sehingga cairan tubuh Anda terjaga saat menjalankan puasa.

5. Hindari Makanan Pedas

Menghindari makanan pedas adalah cara yang bijak agar Anda tidak cepat haus saat menjalankan ibadah puasa. Selain dapat membuat Anda cepat haus saat puasa, makanan pedas juga kurang baik bagi kesehatan sistem pencernaan.

6. Mandi di Siang Hari

Mandi di siang hari mungkin adalah cara ini tidak terpikirkan oleh Anda, namun ternyata bisa membuat tubuh tidak cepat haus saat puasa loh. 

Pasalnya, Mandi air dingin dapat mengelabui tubuh agar percaya bahwa itu terhidrasi. Demikian pula, Anda dapat menggunakan handuk basah dan menepuknya di kepala dan wajah Anda agar merasa lebih segar serta menghilangkan rasa haus dan lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru