Kiat sekolah jarak jauh berjalan efektif di rumah saat wabah virus corona

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kiat sekolah jarak jauh berjalan efektif di rumah saat wabah virus corona

ILUSTRASI. Sekolah jarak jauh di tengah wabah virus corona bisa orangtua maksimalkan dengan banyak hal.


EDUKASI - JAKARTA. Wabah virus corona menyebabkan banyak hal harus orang lakukan di rumah, termasuk anak-anak. Kegiatan belajar mengajar berlangsung secara online alias sekolah jarak jauh. Ini tentu saja membuat sebagian orangtua khawatir.

Banyak orangtua yang berpikir, bagaimana proses belajar di tengah wabah virus corona tetap bisa berjalan lancar. Anda tak perlu khawatir. Mengutip Irvine Standard, berikut beberapa tips yang bisa langsung Anda praktikkan biar sekolah jarak jauh berjalan efektif: 

Sediakan ruangan khusus

Agar tetap efektif, sekolah saat wabah virus corona bisa Anda lakukan dengan menggunakan ruangan khusus. Anda bisa menyediakan sebuah ruangan yang tenang agar bisa anak-anak pakai untuk sekolah jarak jauh.

Melansir Irvine Standard, Dr. Linda Carling, peneliti pendidikan the Center for Technology in Education di Johns Hopkins University School of Education, mengatakan, ruangan khusus sekolah memang sangat bermanfaat. Ruang belajar bisa membuat anak-anak lebih fokus dan meningkatkan kualitas belajar saat melakukan sekolah jarak jauh.

Baca Juga: 3 ide bisnis saat pandemi yang tak boleh Anda lewatkan

Kurangi distraksi

Sekolah jarak jauh saat wabah virus corona juga bisa Anda maksimalkan dengan mengurangi distraksi. Anda bisa membuat daftar distraksi yang bisa mengganggu proses belajar anak.

Misalnya, Anda bisa memasukkan video game, televisi, mainan, dan media sosial dalam daftar. Kemudian, jauhkan hal-hal tersebut selama proses belajar.

Manfaatkan kalender

Salah satu masalah yang muncul saat sekolah jarak jauh di tengah wabah virus corona adalah anak-anak menjadi sulit mengatur waktu. Untuk menghindari terbengkalainya tugas-tugas yang guru berikan, Anda bisa memanfaatkan kalender.

Baca Juga: 4 situs freelancer yang bisa jadi sumber penghasilan

Letakkan kalender di ruang belajar. Kemudian, bantu anak untuk menuliskan deadline tiap tugas. Dengan melakukan hal ini, Anda melatih anak untuk mengatur waktu dengan baik.

Pakai checklist

Anda bisa membantu anak-anak untuk lebih efektif belajar saat sekolah jarak jauh di tengah wabah virus corona dengan membuat daftar hal apa saja yang perlu mereka lakukan.

Dalam checklist, Anda bisa menulis tugas yang harus anak-anak kerjakan. Misalnya, memperhatikan guru, mengerjakan PR, mengumpulkan PR, dan lain-lain. Setelah anak menyelesaikan tiap tugas, anak bisa mencoret checklist tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru