Kiprah Kartini dalam Menggerakkan Wirausaha Perempuan

Jumat, 22 April 2022 | 21:37 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kiprah Kartini dalam Menggerakkan Wirausaha Perempuan

ILUSTRASI. Sebagai Bentuk Go Global, Zilingo memberikan Beasiswa Bahasa Inggris Kepada Seller


STRATEGI BISNIS - Sebagai pahlawan wanita, kiprah Raden Ajeng Kartini terus dikenang dalam sejarah Bangsa Indonesia. Perempuan keturunan priyayi Jawa ini dikenal sebagai sosok feminis yang memperjuangkan emansipasi wanita pada masa itu.

Kartini merupakan figur perempuan pertama yang melakukan perniagaan lintas negara, bahkan saat Indonesia belum ada. Kartini menjadi penggerak bangkitnya kewirausahaan di tengah konstruksi masyarakat tentang peran perempuan yang terbatas. Kartini juga merupakan putri bangsawan Jawa yang cerdik menggunakan hak istimewanya sebagai kaum ningrat untuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya. Selain memperjuangkan kesetaraan perempuan,

Peran Kartini dalam pemberdayaan dan kesetaraan gender masih dapat dirasakan hingga saat ini. Data Badan Pusat Statistik mencatat Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Indonesia di angka 76,26 persen pada 2021. IDG sendiri merupakan alat ukur terlaksananya keadilan dan kesetaraan gender berdasarkan partisipasi politik dan ekonomi yang meliputi tiga indikator, yakni keterlibatan perempuan dalam parlemen, partisipasi sebagai tenaga profesional, dan sumbangan dalam pendapatan pekerjaan. Tahun lalu, partisipasi perempuan sebagai tenaga profesional naik dari 46,31 persen menjadi 49,99 persen.

Baca Juga: Penting! Ketahui Dulu Jenis-jenis Parfum Berikut Ini Sebelum Membeli

Maka tidak mengherankan jika semakin banyak perempuan menduduki posisi strategis dalam pekerjaan, bahkan mengelola bisnisnya sendiri baik skala kecil maupun besar. Hal ini salah satunya tercermin dalam Zilingo, sebuah platform solusi bisnis satu atap yang mendukung seluruh ekosistem rantai pasok global.

Faktanya, sebanyak 45 persen karyawan Zilingo secara global adalah perempuan. Tidak hanya itu, sebanyak 29 persen kepemimpinan diisi oleh perempuan. Dengan platform teknologi inilah, perempuan turut serta menggerakkan perekonomian melalui kewirausahaan di bidang fashion, kecantikan, dan lifestyle.

Kang Ay Lie, Head of Enterprise Zilingo Indonesia menyebut bahwa Zilingo menjadi ruang bagi pengusaha bidang fashion, beauty, dan lifestyle. Dengan jumlah usaha kecil mendominasi hingga 53 persen. Zilingo menawarkan solusi bisnis, mulai dari pengadaan bahan baku pakaian, pemasaran, hingga pengembangan usaha para mitra.

"Hal tersebut menjadi wujud partisipasi kami dalam pemberdayaan dan memajukan kewirausahaan. Melalui teknologi dan layanan yang Zilingo tawarkan, semua orang memiliki kesempatan yang sama dan setara untuk terus maju dan berkembang,” ujar Kang Ay Lie, dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (22/4).

Baca Juga: Promo Tokopedia April 2022, Beli Paket Data XL Bonus Pulsa hingga Rp 100.000!

Jika di masa lalu karya pengukir Jepara memperoleh pasar berkat kegigihan Kartini mengenalkannya kepada orang-orang Belanda, kehadiran layanan berbasis teknologi kini membuka peluang setiap orang untuk memulai dan mengembangkan gagasan bisnisnya.

Misalnya jika Anda adalah pelaku usaha fashion, Anda dapat melakukan pengadaan bahan baku pakaian dengan lebih mudah melalui Zilingo Trade dibandingkan harus melakukan pembelian secara konvensional yang memerlukan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya. Bisnis dapat lebih berdaya dengan pengadaan bahan baku pakaian yang tepat sehingga modal kerja nantinya bisa dialokasikan dengan lebih efisien.

Pelaku usaha dapat memanfaatkan Zilingo Spotlight untuk mendukung dalam memamerkan keunggulan produk Anda dan juga melakukan konsultasi pemasaran digital secara profesional. Sebab, penting untuk memperhatikan kemudahan calon pembeli melihat keunggulan produk Anda dibandingkan produk lain di internet. Layanan berbasis teknologi juga memudahkan Anda mengelola usaha, seperti Zilingo Connect yang merupakan solusi omnichannel terintegrasi untuk membantu Anda mengelola berbagai toko offline dan online, termasuk berbagai marketplace online di Indonesia.

Baca Juga: Promo McD Terbaru 2022, Ada Diskon 30% via Kartu Debit BCA di McDelivery

Sementara itu, untuk akses permodalan yang menjadi tantangan pelaku usaha dapat dijawab dengan solusi layanan finansial Zilingo. Layanan ini memungkinkan pelaku usaha untuk bisa mengakses permodalan lebih mudah kepada mitra pendanaan Zilingo.

Pada masanya, Kartini berupaya untuk memberdayakan masyarakat dan merevolusi posisi tawar perempuan agar menjadi setara melalui pendidikan, kemandirian, dan kewirausahaan. Kartini membagi hak istimewanya sebagai bangsawan untuk turut serta memajukan rakyat. Ketangguhan yang dibalut kelembutan pahlawan yang identik dengan balutan kebaya ini berbuah transformasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Kini, setiap orang baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan untuk berkembang melalui kewirausahaan. Memanfaatkan teknologi menjadi kunci pengurai keterbatasan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih berdaya.

Butuh bantuan dalam memulai usaha Anda di bidang fashion, kecantikan, dan lifestyle? Yuk, saatnya untuk mengembangkan usaha Anda dari sekarang.

Baca Juga: Vaksinasi HPV Diwajibkan, Ini Fakta Tentang Vakisn HPV untuk Kanker Serviks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru